Simulasi Pemilihan Presiden 2019-2024 oleh Mahasiswa FPsi UNM yang dilaksanakan di Lorong LK FPsi UNM, Rabu (10/04).
Sumbr: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Rabu (10/04)-Mahasiswa Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) yang mengambil mata kuliah Psikologi Politik telah mengadakan simulasi pemilihan umum (pemilu) di sejumlah titik wilayah FPsi UNM, yaitu Lorong Lembaga Kemahasiswaan (LK), Taman Sulappa Appa dan Gedung BM FPsi UNM, Rabu (10/04).

Muhammad Rhesa selaku Dosen Psikologi Politik mengungkapkan bahwa simulasi pemilu ini dirancang dengan tujuan agar mahasiswa mampu memahami proses pemilu, melihat alasan mahasiswa memilih presiden tersebut, serta menjadi pertanda bahwa pemilihan presiden akan segera dilaksanakan "Sehinga mahasiswa paham bagaimana alur pelaksaan pemilu," ungkapnya.

Sebelumnya, simulasi ini direncanakan turut digelar di wilayah rektorat dan Fakultas Ekonomi (FE) UNM agar cakupan datanya lebih besar. Namun, menghindari anggapan bahwa mengklaim suara mahasiswa, sehingga kertas suara dan area cakupan wilayah dibatasi. "Jadi di Fakultas Psikologi saja," ujarnya.

Dengan adanya simulasi pemilu ini, ia berharap kedekatan mahasiswa FPsi UNM dengan politik dapat terstimulasi. "Dan mengondisikan para millennial untuk melihat landasan keterlibatan mereka dalam memilih," harapnya. 

Simulasi pemilu ini berhasil menjaring 430 pemilih yang diperoleh dari tiga bilik suara oleh tiga kelas Psikologi Politik, suara yang sah terhitung sebanyak 409 suara dengan perolehan suara pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden nomor satu sebanyak 178 suara dan perolehan suara paslon presiden dan wakil presiden nomor dua sebanyak 231 suara. (012)

*Berita ini ditulis oleh Peserta Magang Diklat Jurnalistik XI (DJ XI) LPM Psikogenesis

Posting Komentar