Pembukaan PMP-OMK XXII di Auditorium Amanagappa UNM, Minggu (07/04).
Sumber: Panitia PMP-OMK XXII

Lembaga Penelitian Mahasiswa (LPM) Penalaran Universitas Negeri Makassar (UNM) yang merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang bertujuan untuk menumbuhkembangkan minat dan bakat mahasiswa di bidang penelitian. Lembaga yang memiliki visi misi sebagai Pusat Pengkajian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) serta wadah pengembangan intelektualitas dan kecendekiawanan di kalangan mahasiswa, serta sebagai wadah pengembangan kepemimpinan dan manajerial organisasi, LPM Penalaran kembali memberikan kesempatan kepada seluruh mahasiswa UNM untuk menjadi salah satu bagian dari LPM Penalaran UNM. Dalam melaksanakan Perekrutan anggota baru, LPM Penalaran UNM mengadakan kegiatan Pelatihan Metodologi Penelitian dan Orientasi Manajemen Keorganisasian (PMP-OMK) XXII. PMP-OMK merupakan salah satu event besar yang dilaksanakan setiap tahunnya. 

Setelah sosialisasi dan pendaftaran, sebanyak 427 calon peserta dari 534 pendaftar, berhasil lolos ke tahap seleksi. Peserta yang dinyatakan lolos ke tahap selanjutnya mengikuti Pembukaan dan Technical Meeting (TM) I PMP-OMK XXII di Auditorium Amanagappa UNM, Minggu (07/04). Tujuan dari TM ini adalah membahas mekanisme tes yang akan calon peserta lalui yaitu wawancara, Leaderless Group Discussion (LGD) dan tes tulis. Calon peserta memadati tempat registrasi sejak pukul 07.00 dengan menggunakan jas almamater UNM, serta memilih jadwal tes wawancara dan LGD.  

LPM Penalaran UNM mengadakan pembukaan dan TM dengan membuka secara resmi perekrutan anggota baru melalui kegiatan PMP-OMK dengan tema “Manifestasi Generasi Berkarakter, Literasi, dan Kompeten Melalui Kultur Riset dan Keorganisasian”. Acara ini dihadiri oleh Wakil Dekan III Ahmad, Firdaus dan Jasri Djangi selaku pembina LPM Penalaran UNM, pendamping LPM Penalaran UNM, alumni dan anggota LPM Penalaran UNM, Lembaga Penelitian dan Penalaran se-kota Makassar, pengurus lembaga kemahasiswaan se-UNM, pihak sponsor dan media partner PMP-OMK XXII, serta calon peserta PMP-OMK XXII. 

Dalam sambutannya, Hardianto selaku ketua panitia PMP-OMK XXII berharap setelah melewati semua tahap PMP-OMK nantinya dapat merekrut anggota yang memiliki tiga kriteria untuk menghadapi revolusi 4.0, yaitu berkarakter, literat dan berkompeten.

“Kami berharap kepada calon anggota setelah melewati semua tahapan PMP-OMK ini dapat memiliki tiga kriteria generasi untuk menghadapi revolusi industri 4.0 yaitu berkarakter, literat, dan kompeten," ujarnya.

Wahyudin, Ketua Umum LPM Penalaran periode ini juga dalam sambutannya, mengungkapkan bahwa PMP-OMK merupakan gerbang bagi mahasiswa UNM untuk bergabung di LPM Penalaran UNM, selain itu PMP-OMK merupakan wadah belajar penelitian dan keorganisasian.

"PMP-OMK adalah pintu gerbang untuk bergabung dalam LPM Penalaran UNM. Selain itu tahap ini merupakan wadah belajar penelitian dan keorganisasian bagi mahasiswa yang memang LPM Penalaran sebagai wadah pengembangan minat dan bakat mahasiswa di bidang penelitian dan keorganisasian. Untuk peserta, jangan lihat panjang dari kegiatan ini. Namun, lalui semua tahapannya hingga akhir dengan penuh semangat. Kami menanti kehadiran adik baru kami di LPM Penalaran UNM," imbuhnya.

Posting Komentar