Suasana rapat salah satu  kegiatan IKBIM yang diselenggarakan di Pelataran Pinisi UNM, Minggu (17/02)
Sumber: Dok. Pribadi IKBIM

Psikogenesis, Minggu (07/04)-Mahasiswa bidikmisi Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Bidikmisi (IKBIM), yaitu salah satu lembaga yang menaungi seluruh mahasiswa Bidikmisi yang ada di Universitas Negeri Makassar (UNM), dinilai kurang terlibat aktif. 

IKBIM merupakan lembaga yang terbentuk pada 25 Juni 2011 atas inisiatif dari beberapa mahasiswa bidikmisi UNM yang merasa memerlukan wadah untuk menaungi dan menjalin persaudaraan antar mahasiswa bidikmisi di UNM. Mahasiswa FPsi UNM sendiri baru tergabung pada periode keempat kepengurusan IKBIM yaitu pada tahun 2014.

Muh. Nur Iksan selaku Koordinator FPsi UNM menjelaskan bahwa keterlibatan mahasiswa bidikmisi FPsi UNM dalam IKBIM memang dapat dikatakan kurang. Hal itu sendiri dipengaruhi oleh kurangnya sosialisasi oleh pihak IKBIM sendiri, serta kesibukan mahasiswa FPsi UNM sendiri dalam segi akademik maupun kegiatan kelembagaan. "Dan saya mengerti tentang kesibukannya teman-teman sendiri, baik itu hal-hal mengenai tugas, tuntutan kegiatan kelembagaan dan lainnya," jelas mahasiswa yang kerap disapa Iccang ini.

Salah seorang mahasiswa bidikmisi FPsi UNM yang enggan disebutkan namanya juga mengungkapkan alasan ketidakaktifannya dalam IKBIM akibat keaktifannya di lembaga lain, jadwal kuliah yang padat dan tidak ada ajakan untuk terlibat secara aktif di IKBIM. Selain itu, ia juga merasa tidak memperoleh manfaat secara pribadi mengikuti IKBIM ini. "Yang ada biasanya sekedar mengingatkan ji saja untuk berpartisipasi di event," ungkapnya.

Iccang berharap agar mahasiswa bidikmisi angkatan 2018 dapat berpartisipasi secara aktif dalam IKBIM. "Saya ingin mengajak dan merangkul teman-teman khususnya angkatan 2018 untuk terlibat aktif di IKBIM, supaya kita mahasiswa dari Psikologi juga bisa kenal sama teman-teman lain dari fakultas lain," tutupnya. (028)

*Berita ini ditulis oleh Peserta Magang Diklat Jurnalistik XI (DJ XI) LPM Psikogenesis.

Posting Komentar