Rektor UNM, Husain Syam, melantik 45 pejabat baru dalam lingkup UNM di Ballroom Gedung Menara Pinisi UNM, Selasa (19/03).
Sumber: Laman resmi UNM

Psikogenesis, Sabtu (23/03)-Usai resmi dilantik sebagai Dekan Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) untuk periode keduanya pada Selasa (19/03) kemarin, Muhammad Jufri mengaku akan segera mengejar target  yang telah ditetapkan sesuai dengan kontrak kinerja yang telah ditandatangani setelah acara pelantikan kemarin. 

Muhammad Jufri mengungkapkan bahwa kontrak kinerja yang telah ditandatangani bersama Rektor dan para pimpinan unit merupakan turunan dari kontrak kerja yang telah ditandatangani oleh Rektor dengan Menteri Riset dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti).

"Jadi ceritanya, Rektor menandatangani kontrak kerja dengan Menteri, nah sekarang Rektor tentu dia pecah-pecah, apa yang dibuat Rektor dia bagi-bagi sesuai dengan unit masing-masing di UNM, termasuk kita di psikologi," ungkapnya. 

Dosen matakuliah Metodologi Penelitian Kuantitatif ini juga menyebutkan bahwa kontrak kinerja tersebut berkaitan dengan Tridharma Perguruan Tinggi. 

Dalam bidang penelitian, ia menjelaskan bahwa seluruh dosen harus aktif melakukan penelitian hingga pada tahap publikasi hasil penelitian. "Publikasi itu dalam bentuk menghasilkan bahan ajar, menghasilkan buku, kemudian mengikuti kegiatan seminar nasional dan seminar internasional, bahkan melakukan publikasi sampai pada tataran publikasi jurnal internasional bereputasi," jelasnya.

Dosen yang akrab disapa Jufri ini lebih lanjut menjelaskan kontrak kinerja dalam bidang kemahasiswaan berupa pengembangan kegiatan kemahasiswaan seperti meningkatnya jumlah mahasiswa berprestasi, kejuaraan di level nasional maupun internasional, jumlah mahasiswa yang berwirausaha, jumlah mahasiswa alumni melalui target percepatan masa studi dan mencetak alumni yang dapat diserap dalam dunia kerja dengan masa tunggu kerja tidak lebih dari 4 hingga 5 bulan. 

"Tentu dengan banyak membuat kerjasama-kerjasama dengan perusahaan, industri, lembaga-lembaga yang kira-kira akan menjadi tempat untuk alumni kita (Baca: alumni FPsi UNM) bekerja," jelasnya.

Tidak hanya itu, dalam aspek kelembagaan, Jufri mengungkapkan akan segera mengejar target re-akreditasi yang telah disusun sebelumnya. Ia mengaku belum puas dengan akreditasi B yang telah diraih. "Saya bersama teman-teman dosen, seluruh pimpinan, ini saya gerakkan semua, supaya kita bisa merubah nasib," tegasnya. 

Dosen asal Kabupaten Kepulauan Selayar ini juga menargetkan agar kegiatan kemahasiswaan makin meningkat dan dapat bersinergi dengan pihak Fakultas. Ia juga berharap agar aktivitas yang dilakukan oleh setiap Lembaga Kemahasiswaan (LK) dapat diarahkan untuk mencapai sasaran yang sesuai dengan visi misi FPsi. "Supaya aktivitas yang dilakukan setiap LK, setiap mahasiswa, itu juga diarahkan untuk mencapai sasaran yang ingin kita capai di fakultas," tutupnya. (ZN)

Posting Komentar