Pamflet Pelatihan Administrasi Alat Tes Psikologi
Sumber: Dok. Kelompok KKP FPsi UNM

Mahasiswa Kuliah Kerja Profesi (KKP) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan Pelatihan Administrasi Alat Tes Psikologi pada Sabtu dan Minggu (04-05/06) di awal bulan Juni.

Tujuan pelaksanaan dari kegiatan ini adalah untuk memfasilitasi kebutuhan mahasiswa terkait administrasi dan skoring alat tes psikologi. Pelatihan yang dibawakan oleh Iradat Rayhan Sofyan dan Rahmawati Syam ini dihadiri sebanyak 28 peserta yang terbagi dalam 2 batch. Dearnie Regina Lestari, salah satu panitia pelaksana berharap program pelatihan administrasi alat tes psikologi dapat memberikan manfaat nyata bagi mahasiswa psikologi.

“Saya berharap program pelatihan administrasi alat tes ini bisa menjadi wadah yang memberikan manfaat bagi teman-teman mahasiswa psikologi maupun lulusan Fakultas Psikologi UNM untuk mempelajari lebih lanjut tentang alat tes psikologi, dan keterampilan administrasi hingga skoring, apalagi bagi mahasiswa yang berkuliah secara daring selama pandemi karena mereka tidak bisa melakukan roleplay dan praktikum secara langsung,” harapnya.

Iradat Rayhan Sofyan berharap agar mahasiswa psikologi lebih aktif mengikuti kegiatan tes psikologi.

“Sebagai mahasiswa tingkat akhir sebaiknya aktif mengikuti kegiatan-kegiatan psikotes baik sebagai observer maupun co-tester untuk menambah pengalaman dalam memberikan tes psikologi," harapnya.

Rahmawati Syam, sebagai pemateri pelatihan batch 2 memberikan pesan kepada peserta untuk terus berlatih dalam melakukan administrasi alat tes.

“Menjadi tester dan scorer yang baik, sesuai tema pelatihan ini yang perlu kita lakukan adalah persiapan yang matang. Namun persiapan yang matang tanpa pembiasaan tidak akan berarti. Ala bisa karena biasa,” ucapnya.

Posting Komentar