Sambutan Dekan FPsi UNM dalam Pelantikan Bersama Lembaga Kemahasiswaan Periode 2022-2023
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Sabtu (11/06) - Pelantikan bersama Lembaga Kemahasiswaan (LK) Periode 2022-2023 Keluarga Mahasiswa (Kema) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) dengan tema "Sinergitas Lembaga Kemahasiswaan dalam Menjunjung Cita-Cita Kema FPsi UNM" sempat tertunda beberapa jam dari jadwal yang telah ditentukan pada Jumat (10/06) di Aula Mohammad Thayed Manrihu (MTM) FPsi UNM.

Pelantikan bersama LK yang awalnya dijadwalkan pada pukul 16.00 Waktu Indonesia Bagian Tengah (WITA), baru dapat dilangsungkan pada pukul 20.00 WITA. Berdasarkan penjelasan oleh Muh Daud selaku Dekan FPsi UNM, terdapat kekeliruan pada Surat Ketetapan (SK) sehingga perlu adanya perbaikan.

"Undangannya terlambat, kemudian ada beberapa hal teknis yang saya temukan dan saya clear-kan (baca: jelaskan) dulu dengan Ibu WD III (baca: Wakil Dekan Tiga). Saya buat kesepakatan dengan Ibu WD III dan ketua-ketua terpilih, apakah pelantikan tetap pada malam hari ini sembari kami memperbaiki SK-nya (baca: Surat Ketetapan) atau kita pelantikan besok. Kesepakatannya bahwa pelantikan tetap malam ini, sehingga tadi sudah dikumpul oleh staff Tata Usaha dan Alhamdulillah enam SK sudah diperbaiki," jelasnya dalam sambutan.

Moch Fachri Zahdy, Ketua Umum Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (Maperwa), menanggapi kendala dan penyebab mundurnya jadwal pelantikan bersama. Menurutnya, perbedaan konsep dan kendala komunikasi menjadi penghambat bagi terlaksananya pelantikan bersama sesuai jadwal yang telah ditentukan.

"Alhamdulillah, walaupun banyak kendala dari proses persiapannya, administrasi dan lain sebagainya. Ada perbedaan pemahaman disitu ada konsep yang kita biasa gunakan dan ada juga yang ditawarkan oleh pihak fakultas mengacu ke peraturan PULK (baca: Peraturan Umum Lembaga Kemahasiswaan). Sebenarnya yang banyak kendalanya itu dari kemarin di komunikasi, miskomunikasi, itu lagi yang buat kita terhambat," tanggap mahasiswa dengan sapaan Fahri tersebut.

Terlepas dari kendala yang dialami, Fahri melihat antusiasme calon fungsionaris LK dalam menanti pelantikan bersama luar biasa, meskipun sempat tertunda.

"Tapi sejauh ini saya lihat antusiasnya teman-teman dalam pelantikan luar biasa, sudah siap dari sebelum jadwal dan sempat ngaret (baca: diundur) tapi tetap semangat," tambahnya.

Dalam kesempatan kali ini, pelantikan bersama LK Kema FPsi UNM periode 2022-2023 berhasil melantik fungsionaris-fungsionaris dari enam lembaga di Fakultas Psikologi UNM, diantaranya Maperwa Kema FPsi UNM, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Kema FPsi UNM, Biro Kegiatan Mahasiswa (BKM) Psysport, BKM Mahasiswa Pemelihara Bumi Nusantara (Marabunta), Forum Studi Islam (FSI) dan Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Psikogenesis.

"Lembaga yang dilantik ada enam. Maperwa, BEM, FSI, Psysport, Marabunta, dan (LPM) Psikogenesis," urai Fahri.

Menutup wawancara, Fahri mengungkapkan bahwa agenda LK selanjutnya untuk dinanti adalah Rapat Kerja (Raker) yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat, melihat Raker sebagai awal pelaksanaan program kerja masing-masing LK.

"Sebisa mungkin kita percepat Raker-nya, supaya teman-teman di Lembaga Kemahasiswaan bisa menjalankan program kerjanya secepat mungkin. Kemungkinan Raker dekat-dekat ini, tapi belum ada kesepakatan, beberapa hari kedepan baru akan diadakan diskusi," ungkapnya. (AR)

Posting Komentar