Pengumuman Pemenang Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional (MTQ-N) Virtual Mahasiswa LPTK/IKIP Se-Indonesia yang digelar oleh Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang (UNP).
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Kamis (12/11)-Nur Syamsul Bahri selaku mahasiswa Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Makassar (UNM) berhasil merebut gelar juara pertama dalam Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional (MTQ-N) Virtual Mahasiswa Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK)/Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Se-Indonesia cabang lomba tilawah yang digelar oleh Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang (UNP). 

Kompetisi ini resmi dibuka pada Kamis (05/11) lalu dengan kegiatan lomba digelar pada Jumat hingga Sabtu (06-07/11). Sementara itu, pemenang lomba resmi diumumkan pada Rabu (11/11) kemarin. 

Nur Syamsul Bahri merasa senang dengan pencapaiannya saat ini dan tidak menyangka berhasil mendapatkan juara pertama dengan peserta lomba yang diikuti oleh berbagai universitas di Indonesia.

“Karena peserta atau mahasiswa yang ikut lumayan banyak, sangat potensial dan berbakat dalam bertilawah, dan pengalamannya sangat jauh berbeda dengan pengalaman saya yang masih kurang,” jelasnya.

Mahasiswa yang kerap disapa Syamsul mengungkapkan bahwa proses perlombaan hingga penutupan dilakukan secara virtual melalui Zoom Cloud Meeting.

“Proses perlombaannya dilakukan secara virtual, mulai dari pendaftarannya melalui online, pelaksanaannya menggunakan Zoom Cloud Meeting, hingga penutupan juga secara virtual,” tambahnya.

Syamsul kembali menyampaikan bahwa hadiah yang didapatkan dari lomba yang diikuti berupa sertifikat, trophy, dan uang pembinaan, namun untuk trophy sendiri belum ada konfirmasi dari panitia terkait pengirimannya.

“Trophynya tidak tau bagaimana, dikirim atau tidak. Cuma nabilang kemarin ada Trophynya,” ujarnya.

Syamsul juga membagikan tips untuk memenangkan lomba tilawah. Menurutnya peserta lomba harus mempersiapkan diri sebelum tampil dengan memperbanyak latihan dan tampil percaya diri pada saat pelaksanaan lomba.

“Tipsnya permantap persiapan sebelum tampil, yang paling 0enting sebenarnya adalah perbanyak latihan, tampil dengan penuh keyakinan dan percaya diri,” ungkapnya.

Syamsul pun berharap agar mahasiswa lain dapat mendekatkan diri pada Al-Qur’an dan dapat berprestasi mengharumkan nama baik UNM. 

“Saya berharap, semoga kegiatan yang bersifat keagamaan ini khususnya Bidang Musabaqoh Tilawatil Qur'an bisa ditingkatkan dan dikembangkan di kampus UNM, agar tidak ketinggalan dan juga tidak kalah dalam bersaing dengan kampus lain,” tutupnya. (MI)

Posting Komentar