Agenda Kumpul Bersama Angkatan 2021.
Sumber: Dok. Pribadi

Psikogenesis, Kamis (01/09)- Kementrian Pendidikan dan Pelatihan (Kemendiklat) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (Kema) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) tanggapi pelaksanaan rapat perdana Inaugurasi 2022 yang dilaksanakan pada hari Senin (29/08) lalu. 

Dilansir dari berita sebelumnya (Baca: Persiapkan Inaugurasi, Panitia Adakan Rapat Perdana Bersama Kemendiklat dan SC), Menteri Pendidikan dan Pelatihan (Mendiklat) BEM Kema FPsi UNM, Siti Hajar Auliannisa menyampaikan bahwa rapat tersebut membahas mengenai konsep acara yang akan diangkat nantinya. Rapat awal ini juga bertujuan sebagai pengenalan diantara panitia Inaugurasi 2022 dengan Kemendiklat dan Steering Commitee (SC).

“Rapat ini membahas, yang pertama mengenai konsep terlebih dahulu yang telah di fix-kan (baca: ditetapkan) oleh teman-teman panitia dan Diklat, jadi memang kita serahkan kepada teman-teman panitia mau konsepnya seperti apa nanti kita bahas di rapat perdana lagi nantinya. Jadi ini untuk pengenalan saja di awal tentang apa itu inaugurasi dan alur kepanitiaanya kedepannya. Nanti setelah ini dibahas lagi di rapat perdana,” ujarnya.

Mengenai susunan kepanitiaan, mahasiswa yang akrab disapa Aulia ini mengatakan bahwa susunan kepanitiaannya sudah rampung dan telah dikeluarkan Surat Keputusan (SK). 

“Susunan kepanitiaanya sudah fix, sudah keluar juga SK nya kemarin (baca: Minggu, 28/08). Terkait perubahan kepanitiaan, kemungkinan ada. Setiap kepanitiaan pasti ada kemungkinan perubahan dan kalau ada perbuhan nanti disesuaikan di SK terakhir,” ungkapnya.

Untuk partisipasi, mahasiswa angkatan 2019 tersebut mengatakan bahwa semua anggota angkatan 2021 berpartisipasi dalam kegiatan inaugurasi. Pembagian talent dan penanggungjawab dalam inaugurasi nanti, ia mengatakan bahwa pembagiannya kembali ke internal angkatan 2021.

“Kalau pembagian terkait talent dan kepanitiaan nanti urusan internalnya mereka dalam kepanitiaan, disesuaikan saja penanggungjawab, di bagian kepanitiaan siapa, yang fokus ke talent siapa. Untuk penanggungjawab yang juga sebagai talent, itu tergantung kesanggupan, kalau dia tidak sanggup kita cari yang lain,” jelasnya.

Mengenai SC yang dipilih untuk mendampingi dalam kegiatan inaugurasi nantinya, Aulia menyampaikan bahwa Kemendiklat telah menunjuk 7 orang sebagai SC yang telah di sesuaikan dengan kompetensi masing-masing.

“Sudah fix, tujuh orang semuanya angkatan 2018, tidak akan ada penambahan lagi kedepannya, sudah cukup. SC dipilih atas pertimbangan kebutuhan masing-masing divisi, jadi SC sudah disesuaikan dengan kompetensi yang mereka miliki dengan divisi yang akan mereka arahkan,” sebutnya.

Terkait pendanaan, Aulia mengungkapkan bahwa dari Kemendiklat akan menggelontorkan dana sebesar Rp.500.000.00 (lima ratus ribu rupiah).

“Kalau dana awal berdasarkan rapat kerja itu 500 ribu. Kalau ada penambahan itu akan dibicarakan secara internal,” ungkapnya.

Dijadwalkan, Inaugurasi 2021 akan dilaksanakan pada Sabtu (24/09) akhir September nanti. Terakhir, Aulia berharap agar kegiatan inaugurasi ini berjalan lancar dan dengan melalui kegiatan ini mahasiswa angkatan 2021 akan aktif lagi dalam kepanitiaan.

“Kalau harapannya, yang pertama semoga teman-teman panitia dalam hal ini angkatan 2021 bisa berdinamika lagi di dalam kepanitiaan dan semoga kedepannya juga lancar,” tutupnya. (PHS)

Posting Komentar