Kegiatan Donor Darah oleh Kemenpema BEM Kema FPsi UNM
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis
Psikogenesis, Senin (11/03) – Kementerian Pengabdian kepada Masyarakat (Kemenpema) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (Kema) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) untuk mengadakan kegiatan donor darah pada Sabtu (09/03) lalu.

Rizky Ramadhan selaku Menteri Pengabdian kepada Masyarakat (Menpema) menjelaskan latar belakang diadakannya kegiatan donor darah ini dilandasi oleh keinginan Kemenpema untuk membuat sesuatu yang baru di FPsi dan banyaknya orang yang membutuhkan darah jika dilihat dari beberapa postingan media sosial.

“Jadi, latar belakangnya diadakan donor darah ini, karena ada beberapa hal sebenarnya. Pertama, kita (baca: Kemenpema) ingin membuat sesuatu yang baru di Fakultas Psikologi, karena saya rasa belum pernah dari BEM kepengurusan sebelumnya mengadakan kegiatan donor darah. Kemudian, kegiatan donor darah ini dilandasi dengan beberapa postingan di media sosial perihal banyaknya orang yang mencari darah, sehingga kami dari Kemenpema ingin melakukan pengabdian, dalam hal ini melaksanakan kegiatan donor darah,” jelasnya.

Rizky mengungkapkan bahwa syarat pendonor darah yang harus dipenuhi, yaitu pendonor merupakan masyarakat Kema, berusia 18-24 tahun,  minimal berat badan 45 kg, tidak sering begadang, tidak mengonsumsi obat-obatan dalam satu minggu terakhir, tidak sedang haid bagi perempuan, tidak sedang berpuasa, dan tidak pernah menjalani operasi dalam beberapa waktu terakhir.

“Yang pertama, pendonor merupakan masyarakat Kema, kemudian berusia 18-24 tahun, minimal berat badan 45 kg, tidak sering begadang, tidak mengonsumsi obat-obatan dalam satu minggu terakhir, tidak sedang haid untuk perempuan, tidak sedang berpuasa, dan tidak pernah menjalani operasi dalam beberapa waktu terakhir,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Rizky mengungkapkan kegiatan donor darah berjalan dengan baik, meskipun hujan deras selama kegiatan berlangsung sehingga beberapa pendonor kesulitan untuk hadir melaksanakan donor darah.

“Kegiatan donor darah ini Alhamdulillah berjalan dengan baik, cuma ada beberapa kendala. Salah satunya karena lagi hujan deras selama kegiatan berlangsung sehingga ada beberapa pendonor yang kesulitan untuk hadir ke kampus melaksanakan donor darah,” ungkapnya.

Sebagai penutup, Rizky berharap agar mahasiswa dapat berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan kemahasiswaan, bukan hanya kegiatan donor darah, tetapi juga seluruh kegiatan-kegiatan Biro Kegiatan Mahasiswa (BKM).

“Harapan saya, semoga mahasiswa dapat berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan kemahasiswaan, bukan hanya kegiatan donor darah ini, tapi kalau bisa di semua kegiatan BKM, karena menurutku kegiatan seperti ini adalah kegiatan yang bermanfaat,” tutupnya. (CA)

Posting Komentar