Suasana Kegiatan Makrab HMPS Psikologi Kampus V Parepare UNM
Sumber: Dok. Panitia
Psikogenesis, Kamis (07/03) – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Psikologi Kampus V Parepare Universitas Negeri Makassar (UNM) berikan tanggapan terkait eksistensi HMPS dalam lingkup Keluarga Mahasiswa (Kema) Fakultas Psikologi (FPsi) UNM dan tantangan keberlanjutan di tengah dinamika kegiatan. 

Andi Aulia Farhan selaku Ketua HMPS Psikologi Kampus V Parepare menjelaskan bahwa HMPS telah resmi dinyatakan masuk ke dalam lingkup Kema, serta kelanjutan HMPS Psikologi Kampus V Parepare bergantung pada penerimaan ada atau tidaknya mahasiswa baru kelas Parepare.

“HMPS sudah resmi masuk Kema. HMPS Parepare melihat ke depan, apakah masih ada atau tidaknya lagi mahasiswa baru kelas Parepare,” jelasnya.

Sejalan dengan hal itu, HMPS tidak turut hadir dalam Kegiatan Latihan Kepemimpinan (LK) II  Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) karena bertepatan dengan kegiatan HMPS Psychopar.

“Mengapa bertepatan dengan LK II? Tanggal yang dilaksanakan sebenarnya di bulan Desember, akan tetapi mayoritas adik-adik pulang kampung, dialihkan di Minggu awal Januari dengan harapan adik-adik naik ke Makassar karena persiapan untuk Inaugurasi,” jelasnya.

Mahasiswa yang akrab disapa Farhan ini juga menambahkan bahwa rencana sebelumnya diundur sebab sebagian Mahasiswa Baru (Maba) Angkatan 2023 kelas Parepare aktif berpartisipasi dalam Inaugurasi dan membutuhkan istirahat yang cukup setelahnya, sehingga Psychopar dilaksanakan di akhir bulan Februari yang secara tidak sengaja bersamaan dengan Kegiatan LK II.

“Akan tetapi diundur lagi karena banyak adik-adik Maba 2023 Parepare yang ambil posisi inti, diundur di 23 sampai 27 Januari karena melihat selesai kegiatan adik-adik Maba 2023. Sayangnya, di tanggal itu banyak adik-adik yang kecapean, sakit, dan lain-lain sehingga baru terlaksana di akhir bulan Februari dan tidak sengaja bertepatan dengan agenda LK II,” tambahnya.

Ketua HMPS ini menyebutkan bahwa tidak ada satupun perwakilan HMPS yang dapat  menghadiri kegiatan LK II, karena bertepatan dengan Program Kerja (Proker) HMPS yaitu Malam Keakraban (Makrab) Psikologi Parepare.

“Karena bertepatan dengan kegiatan (baca: LK II) proker HMPS di hari itu. Makrab psikologi Parepare, iya ada undangannya masuk,” ungkapnya.

Terakhir, Ketua Umum HMPS ini berharap agar kedepannya HMPS dapat mengambil pembaruan pewadahan pendidikan bagi para Maba dengan penyesuaian yang ada.

“Saya berharap, untuk HMPS kedepannya di lingkup Kema dapat mengambil dalam pembaruan pewadahan pendidikan kepada mahasiswa baru, dengan penyesuaian-penyesuaian yang ada,” tutupnya. (JJH)

Posting Komentar