Suasana Pembukaan Mubes XX LK UNM Periode 2022-2023 di Ballroom D Lt.2 Menara Phinisi UNM
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Kamis (07/03) – Pembukaan Musyawarah Besar (Mubes) XX Lembaga Kemahasiswaan (LK) Universitas Negeri Makassar (UNM) Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (Maperwa) UNM periode 2022-2023 dengan tema “Aklimatisasi dan Transformasi LK UNM” resmi dibuka di Ballroom D Lt.2 Menara Phinisi UNM pada Kamis (07/03).

Arif Nugraha selaku Ketua Komisi satu sekaligus Ketua Panitia Mubes XX LK UNM menjelaskan bahwa terdapat enam fakultas yang mengirimkan delegasi untuk Maperwa UNM dan pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UNM, diantaranya tiga orang dari Fakultas Teknik (FT), tiga orang dari Fakultas Seni dan Desain (FSD), tiga orang dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), tiga orang dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), tiga orang dari Fakultas Psikologi (FPsi), dan dua orang dari Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK).

”Sampai hari ini, terdapat partisipasi dari enam fakultas yang masing-masing mengirim (baca: delegasi). Dan komunikasi kami yang terakhir dari beberapa fakultas yang tidak sempat mengirimkan delegasinya, Inshaallah setelah Mubes terlaksana, sama-sama kita (baca: Maperwa) follup bahwa dia akan mengirim delegasi untuk ke Maperwa maupun pengurus yang ada di BEM,” jelasnya. 

Lebih lanjut, Arif menuturkan bahwa tema Aklimatisasi dan Transformasi merupakan agenda penyelamatan sekaligus penguatan agar LK UNM tetap berada di tataran UNM. Sehingga, LK UNM tetap ada sebagai lembaga yang mengakomodir semua kepentingan mahasiswa dan menyelesaikan masalah itu sendiri.

”Kami (baca: Maperwa) bersama panitia steering committee mengangkat tema Aklimatisasi dan Transformasi yang dialami adalah agenda penyelamatan sekaligus penguatan bahwa LK UNM tetap harus ada di tataran UNM. Bahwa terlaksananya Mubes kali ini tidak pernah dan tidak perlu berhenti di sampai tahun ini,” tuturnya.

Muh. Ikbal Ramadandi Selaku Ketua Umum Maperwa UNM menjelaskan bahwa terdapat beberapa tahapan, syarat, serta verifikasi berkas untuk menjadi Ketua Umum Maperwa UNM dan Presiden BEM UNM sehingga menghadirkan dua calon Ketua Umum Maperwa UNM yang berasal dari Fakultas Seni dan Desain dengan nomor urut satu dan Fakultas Psikologi dengan nomor urut dua, serta satu Calon Presiden BEM yang berasal dari Fakultas Teknik. 

”Ada dua calon Ketua Umum (baca: Maperwa) dan satu calon Presiden BEM yang tentunya nanti akan memegang tanggung jawab yang berat sebagai Ketua Umum dan Presiden BEM. Yang pertama ada dari Fakultas Seni dan Desain saudara Uci calon Ketua Umum nomor urut satu, selanjutnya calon Ketua Umum nomor urut Dua saudara Andi Idul dari Fakultas Psikologi. Dan juga ada satu-satunya calon Presiden BEM dari Fakultas Teknik saudara Sul. Perlu diketahui bahwa untuk menjadi calon Presiden BEM dan calon Ketua Umum Maperwa banyak tahapan dan banyak syarat untuk bisa terpenuhi. Yang ketiga karena ini melalui verifikasi berkas yang diadakan steering committe dan panitia pelaksana, ketiga-tiganya melulusi syarat dan dinyatakan sah sebagai calon Ketua Umum (baca: Maperwa) dan calon Presiden UNM,” jelasnya.

Sebagai penutup, Ketua Umum Maperwa UNM berharap agar siapapun yang nantinya menjabat sebagai pengurus LK UNM dapat mewujudkan penyesuaian dan perubahan di Keluarga Mahasiswa (Kema).

”Semoga teman-teman yang nantinya menjabat sebagai pengurus LK dapat mengaktualisasikan Kema yang di atas (baca: Universitas) karena ketika teman-teman tidak teraklimatisasi dan transformasi, teman-teman nantinya lambat laun akan mati. Dan hal ini sama-sama tidak kita inginkan,” harapnya. (RNA)

Posting Komentar