Pamflet Pemilihan Duta Kampus FPsi
Sumber: Instagram kemahasiswaan_fpsiunm

Psikogenesis, Rabu (27/03) - Wakil Dekan (WD) III Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) buka suara mengenai alasan minimnya pendaftar Duta Kampus FPsi.

Nur Hidayat Nurdin atau yang akrab disapa Dayat selaku WD III FPsi UNM menjelaskan alasan dari dibukanya pendaftaran Duta Kampus yaitu sebagai bentuk antisipasi, karena Duta Kampus yang sebelumnya telah sibuk dengan urusan pribadi sehingga perlu adanya regenerasi.

"Terkait dengan Duta yang di FPsi itu kemarin kita akhirnya membuka pendaftaran sebagai bentuk antisipasi karena duta-duta (baca: Duta Kampus) yang sudah ada selama ini kan pelan-pelan mereka juga sudah mulai sibuk dengan urusan mereka, kemudian urusan-urusan kuliah dan segala macam sehingga kita harus pikir mestinya ada proses regenerasi," ujarnya. 

Selain itu, Dayat menjelaskan terdapat beberapa alasan dari kurangnya jumlah pendaftar Duta Kampus FPsi yaitu karena minat mahasiswa yang kurang dan  mahasiswa juga akan sering disorot oleh banyak kamera.

"Sepertinya memang minatnya mahasiswa tidak tinggi di situ (baca: Duta Kampus). Sampai beberapa lama setelah pembukaan masa pendaftaran dibuka, hasilnya masih nol. Padahal kita sebenarnya tidak kekurangan orang (baca: Mahasiswa FPsi), dan memang kami ada beberapa aspek yang perlu diutamakan. Mereka juga akan lebih banyak disorot oleh kamera katakanlah begitu," jelasnya.

Lebih lanjut, Dayat menambahkan bahwa pembukaan pendaftaran Duta Kampus FPsi tidak memberikan hambatan pada proses   pendaftarannya, karena kegiatan Duta Kampus ini tidak mendesak seperti kegiatan FPsi lainnya yang mempunyai batasan waktu.

"Hal spesifik yang menghambat pendaftaran Duta Kampus sebenarnya tidak ada, dikarenakan cukup banyak kegiatan yang juga lebih mendesak. Dan kegiatan Duta Kampus ini relatif tidak semendesak dengan kegiatan yang lain seperti BKM (baca: Biro Kegiatan Mahasiswa) yang dimana ada batas waktunya, Pilmapres (baca: Pemilihan Mahasiswa Berprestasi) ada batas waktunya," tambahnya.

Sebagai informasi, Dayat menuturkan bahwa pendaftaran Duta Kampus FPsi akan ditutup apabila targetnya telah mencapai atau memang tidak ada pendaftarnya. Akan tetapi, karena kegiatan Duta Kampus lebih fleksibel maka pendaftarannya akan tetap dibuka.

"Pendaftaran Duta Kampus akan ditutup jika target peserta sudah tercapai atau karena memang dianggap tidak ada pendaftarnya. Karena kegiatan duta (baca: Duta Kampus) lebih fleksibel dan lebih ke kebutuhan kita secara internal, jadi sebenarnya menurut saya kapan pun itu masih bisa daftar," tuturnya.

Akhir kata, Dayat menyampaikan harapannya agar Duta Kampus ini dapat menjadi sarana dalam memperkenalkan FPsi ke dunia luar dan tetap dapat memberikan informasi terkait eksistensi FPsi sendiri.

"Saya berharap Duta Kampus ini ke depannya bisa menjadi sarana untuk memperkenalkan Fakultas Psikologi ke dunia luar, lebih eksis, dan tetap ada sampai kapan pun. Karena, kita butuh fungsinya mereka dalam melakukan pemberitaan ataupun pemberian informasi terkait dengan eksistensinya Fakultas Psikologi saat ini," tutupnya. (ARV)

Posting Komentar