(28/04), Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar (F.Psi UNM) berhasil memperoleh sertifikasi The International Organization for Standardization (ISO) sekaligus membuktikan keseriusannya dalam persiapan visitasi dan peningkatan akreditasi fakultas. Hal ini dikemukakan langsung oleh Muh. Jufri selaku Dekan F.Psi UNM pada sambutan ramah tamah wisuda F.Psi UNM di Ruang BM 101 (06/04). Sertifikasi tersebut juga menjadi bukti peningkatan mutu pada FPsi UNM setelah selama ini masih berstatus akreditasi C oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. “Sekaligus kami sampaikan bahwa fakultas psikologi telah mendapatkan sertifikat dari badan sertifikasi ISO 9001:2008,” ungkapnya.


Sertfikat ISO 9001:2008 yang diperoleh Fakultas PsikologiUNM
ISO merupakan lembaga standar dunia yang dibentuk untuk meningkatkan perdagangan internasional yang berkaitan dengan perubahan barang dan jasa. Lembaga atau organisasi tersebut berpusat di Jenewa, Swiss. Lembaga tersebut telah banyak menerbitkan standar ISO antara lain ISO 14001 yang merupakan standar yang berisi persyaratan-persyaratan sistem manajemen lingkungan, ISO 22000 merupakan suatu standar yang berisi persyaratan sistem manajemen keamanan pangan dan lainnya. Sedangkan standar sertifikasi ISO yang didapatkan oleh FPsi UNM adalah ISO 9001. ISO 9001 telah mengalami beberapa kali revisi dan revisi yang paling akhir adalah ISO 9001:2008.

Seperti yang dilansir oleh strategibisnisdanisoseries.wordpress.com, ISO 9001:2008 merupakan sebuah standar internasional untuk sistem manajemen mutu atau kualitas. ISO 9001:2008 menetapkan persyaratan – persyaratan dan rekomendasi untuk desain dan penilaian dari suatu sistem manajemen mutu. Sistem menejemen ISO 9001:2008 merupakan prosedur terdokumentasi dan praktek – praktek standar untuk manajemen sistem yang bertujuan menjamin kesesuaian dari suatu proses dan produk (barang atau jasa) terhadap kebutuhan atau persyaratan tertentu. kebutuhan atau persyaratan tertentu tersebut ditentukan atau dispesifikasikan oleh pelanggan dan organisasi.

Hal tersebut juga menjadikan Program Studi (Prodi) Psikologi menjadi satu-satunya Prodi di UNM yang bersertifikasi internasional. Dadang Mas Bakar, salah satu mahasiswa FPsi UNM mengungkapkan kekagumannya terhadap raihan FPsi tersebut. Dadang juga berharap bahwa sertifikasi ISO tersebut tidak hanya menjadi formalitas semata, namun dengan adanya ISO tersebut FPsi dapat benar-benar menjadi fakultas yang benar-benar mencerminkan fakultas yang bertaraf internasional. “yah, saya sangat salut yah fakultas bisa dapat iso dan saya harap benar-benar mencerminkan fakultas bertaraf internasional,” ungkap Mahasiswa angkatan 2014 tersebut. Penyerahan resmi sertifikasi ISO tersebut dijadwalkan akan diberikan kepada pihak fakultas pada senin, (02/05) mendatang yang bertepatan dengan hari pendidikan nasional. (AFH/NL)