Ilustrasi Ujian
Sumber: https://goo.gl/images/xt6Gf9
Psikogenesis, Sabtu (28/10)-Ujian Komprehensif perdana Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) telah dilaksanakan pada Sabtu (21/10) kemarin. Hasilnya hanya satu orang yang lulus dari 184 peserta yang merupakan mahasiswa angkatan 2011, 2012, 2013, dan 2014.

Muhaimin Jabbar angkatan 2014, merupakan satu-satunya mahasiswa yang melulusi ujian komprehensif tersebut dengan total jawaban benar sebanyak 74 dari 120 soal.

Penilaian yang digunakan berpedoman pada aturan universitas, di mana syarat minimal kelulusan adalah 61% penguasaan yang jika dikonversi maka akan diperoleh nilai 73. Jadi, untuk dinyatakan lulus dalam ujian komprehensif, mahasiswa harus menjawab benar minimal 73 soal.

Menanggapi hal tersebut, Ahmad Ridfah selaku Sekretaris Program Studi (Prodi) FPsi UNM mengungkapkan bahwa untuk saat ini wajar jika hanya satu mahasiswa yang melulusi ujian komprehensif tersebut. Hal itu karena mahasiswa sendiri baru mengetahui seperti apa ujian komprehensif itu. Selain itu, mahasiswa juga mungkin kurang mempersiapkan diri dengan belajar. "Jadinya memang wajar kalau yang lulus cuma satu, itu pun C," ungkapnya.

Dosen mata kuliah Statistik Dasar ini berharap agar ke depannya ada banyak mahasiswa yang melulusi ujian komprehensif  karena telah mengetahui seperti apa modelnya dan sudah ada pengalaman. "Harapannya mereka lebih hanyak yang lulus," tuturnya.

Ujian komprehensif akan dilaksanakan sekali setiap bulan. Ujian yang dilaksanakan pada Sabtu (21/10) merupakan ujian komprehensif untuk September. Ujian komprehensif untuk Oktober akan dilaksanakan pada Selasa (31/10) mendatang. (ASM).

Posting Komentar