Penyampaian materi oleh Bakhrani Rauf dalam Workshop Program Kreativitas Mahasiswa yang dilaksanakan di Aula MTM FPsi UNM pada Minggu (29/10).
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Selasa (31/10)-Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) sukses menggelar Workshop Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dengan tema “Menjadi Mahasiswa Solutif, Kontributif, Kreatif dan Inovatif Melalui PKM” pada Sabtu-Minggu (28-29/10) di Aula Moh. Thayyeb Manrihu (MTM) FPsi UNM.

Kegiatan yang digelar selama dua hari tersebut menghadirkan beberapa pemateri seperti Muh. Jufri selaku Dekan FPsi UNM, Muh. Daud selaku Pembantu Dekan II (PD II) Bidang Administrasi dan Keuangan FPsi UNM, Bakhrani Rauf selaku PD III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Teknik (FT) UNM, Lukman selaku staff pengajar FPsi UNM, dan Wawan Kurniawan sebagai salah satu mahasiswa berprestasi FPsi UNM. Kegiatan tersebut diikuti oleh kurang lebih 80 peserta, baik dari Mahasiswa Baru (Maba) 2017 maupun mahasiswa lama.

Ahmad Razak selaku PD III Bidang Kemahasiswaan FPsi UNM menuturkan bahwa Workshop ini tidak hanya menyasar Maba sebagai peserta, tetapi juga melibatkan mahasiswa diangkatan atas. “Jadi, dari semester 5 kurang lebih 40 orang kita (baca: pihak fakultas) ajak. Mahasiswa bidik misi non Maba 10 orang.  Maba bidikmisi, jalur SNMPTN (baca: Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), SBMPTN (baca: Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan Mandiri masing-masing 10 orang. Terakumulasi total 103 orang tetapi yang hadir hanya kurang lebih 87 orang,” paparnya. Hal serupa juga diungkapkan oleh Mukhlis Ismail Kasim selaku salah satu teamwork Workshop PKM. “Target kan 100 orang, tapi nda sampai 100% yang datang. Ada lah sekitar 80-an yang datang,” ungkapnya.

Pujiardianti Wulandari, salah satu Maba FPsi UNM kelas Parepare ini mengaku antusias mengikuti kegiatan tersebut serta dapat bersilaturrahim dengan Maba kelas Makassar dan mahasiswa angkatan atas. “Kami itu dari anak Parepare kayak berpartisipasi sekali dengan acara ini," akunya. Mahasiswi yang akrab disapa Puji ini pun juga menyatakan bahwa rencananya ia akan membuat PKM-M yakni pengabdian masyarakat. “Rencananya mau buat PKM Pengabdian,” tuturnya.

Menanggapi antusiasme mahasiswa dalam mengirim proposal PKM, Ahmad Razak berharap agar mahasiswa dapat mengirimkan proposalnya ke  Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa) karena cukup berpeluang untuk didanai. “Kita (baca: pihak fakultas) harapkan dia (baca: mahasiswa) bisa mengirimkan proposalnya karena untuk tahun ini saya dengar informasi dari pihak universitas bahwa judul yang siap didanai oleh Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi (Dikti) untuk UNM itu sebanyak 425 proposal,” paparnya.

Dosen Psikologi Pendidikan ini juga berharap agar mahasiswa psikologi dapat tembus hingga ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas). “Dari workshop ini kita berharap bukan hanya menghasilkan proposal tapi mungkin bisa diterima oleh belmawa pembiayaannya bahkan kalau bisa kita bisa lolos Pimnas,” harapnya. (AMY)

Posting Komentar