Foto Bersama anak-anak dan remaja di Kelurahan Labessi, Kabupaten Soppeng.
Sumber: Dok. Bambang Pratama

Kemah Buku yang dikemas dalam Program Kemitraan Masyarakat (PKM), diselenggarakan oleh Ahmad Ridfah dan Nur Afni Indahari selaku Dosen Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM). Kegiatan ini bekerja dengan sama Rumah Literasi di Labessi Kab. Soppeng.

Kegiatan ini berangkat dari kondisi anak-anak dan remaja belum memiliki minat baca yang baik, terlebih anak-anak di Rumah Literasi belum dimanfaatkan semaksimal mungkin dan belum memiliki pandangan akan pentingnya meningkatkan minat baca bagi masa depan. Lewat kegiatan Kemah Buku diharapkan mampu meningkatkan minat baca dan menjadi solusi untuk menghidupkan kembali Rumah Literasi. 

Selain itu, hal yang paling utama dalam kegiatan ini yakni memberikan kesan positif kepada anak-anak lewat Kemah Buku. “Kemah Buku dirancang dengan sederhana. Mengajak peserta bermain sambil belajar. Salah satu tujuan utamanya adalah memberikan kesan positif terhadap aktivitas membaca," ungkap R, sapaan akrabnya. 

Kegiatan ini dihadiri oleh tiga puluh dua siswa di berbagai Sekolah Dasar (SD) yang ada di Kelurahan Labessi dan didampingi oleh empat orang fasilitator yang terdiri dari mahasiswa dan alumni FPsi UNM selama sehari.
Kemah buku juga memberikan sumbangan buku-buku menambah koleksi di Rumah Literasi. Fitri yang merupakan salah satu Kemah Buku merasa bersemangat untuk kembali membaca di Rumah Literasi. “Di sini saya bisa membaca lebih banyak buku dan semangat untuk datang kembali," ungkapnya.

Posting Komentar