Latihan debat Peserta Psynstitution yang di dampingi oleh fasilitator pada Rabu (09/10).
Sumber: Dok. Pribadi Peserta Magang Diklat Jurnalistik XII LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Selasa (15/10)-Psynstitution, salah satu komunitas di Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) yang hadir sebagai wadah mahasiswa psikologi untuk mengembangkan kapasitas dan kapabilitasnya dalam meningkatkan prestasinya di bidang akademik mapun non akademik. Psynstitution mengirim anggotanya mewakili FPsi UNM dalam Lomba Debat Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM), pada Rabu-Jumat (16-18/10).

Adapun perwakilan Lomba Debat yang dikirim sebanyak 4 tim dimana setiap tim teridiri dari 3 peserta yang merupakan mahasiswa angkatan 2018 dan 2019 FPsi UNM.

Moh. Fachri Zahdy, salah satu peserta debat mengungkapkan bahwa semua tim sering mengadakan latihan bersama seperti sparing dan mempelajari mosi yang ada untuk mempersiapkan diri mengikuti lomba. “Latihan yang dilakukan kami (baca: peserta debat) adalah dengan melakukan sparing dengan tim-tim lainnya. Dan mengenai mosi yang ada kami berusaha mencari referensi-referensi mengenai hal tersebut,” ungkap mahasiswa angkatan 2019 ini.

Aviva R. Scholten sebagai salah satu fasilitator tim lomba debat menjelaskan bahwa fasilitator merupakan mahasiswa di atas angkatan 2019 yang berperan untuk memberikan bimbingan. “Kami (baca: fasilitator) yang diatas angkatan 2019 adalah sebagai fasilitator buat teman teman yang akan ikut debat, termasuk di dalamnya memberikan bimbingan," jelasnya.

Aviva berharap agar peserta debat kali ini dapat memenangkan lomba tersebut. “Persiapan teman-teman sejauh ini sangat baik sekitar 75% siap, sisanya mungkin tergantung pada mental peserta lomba dikarenakan posisinya yang masih mahasisswa baru sudah berani untuk mengikuti lomba debat nasional," harapnya. (012)

*Berita ini ditulis oleh Peserta Magang Diklat Jurnalistik XII LPM Psikogenesis

Posting Komentar