Sambutan oleh Husain Syam selaku Rektor UNM sekaligus membuka kegiatan Seminar Riset Nasional dengan tema "Membumikan Riset Sebagai Landasan Gerakan" secara resmi yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset dan Pengembangan Organisasi BEM UNM Periode 2019-2020 di Ballroom Teater Lt.3 Menara Pinisi UNM pada Kamis (28/11).
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Kamis (28/11)-Kementerian Riset dan Pengembangan Organisasi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Negeri Makassar (UNM) Periode 2019-2020 menggelar Seminar Riset Nasional dengan tema "Membumikan Riset Sebagai Landasan Gerakan" di Balroom Teater Lt. 3 Gedung Menara Pinisi UNM, Kamis (28/11).

M. Aqsha BS selaku Presiden BEM UNM mengungkapkan bahwa kegiatan ini diselenggarakan agar mahasiswa bisa mengetahui landasan dari gerakan yang dilakukan oleh Lembaga Kemahasiswaan (LK), yaitu pijakan dari riset mahasiswa. 

"Bahwa sejatinya, kaum intelektual dalam hal ini mahasiswa, itu harusnya selalu mengambil posisi kritis dalam tatanan sosial yang tak berkeadilan," ungkapnya.

Ia melanjutkan bahwa kegiatan Seminar Riset Nasional ini dilaksanakan untuk mahasiswa yang ingin melakukan riset di fakultas. Namun, pihak penyelenggara beranggapan bahwa perluasan arus informasi harus sampai pada masyarakat luas, umumnya UNM. "Karena kita ingin bahwa Lembaga Kemahasiswaan tingkat Universitas Negeri Makassar adalah milik seluruh mahasiswa Universitas Negeri Makassar," ujarnya.

Dalam sambutannya, Husain Syam selaku Rektor UNM mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh BEM UNM ini. Menurutnya, kegiatan ini perlu mendapatkan apresiasi dan dukungan karena sudah meretas sebuah image yang mencoba mendominasi bahwa mahasiswa di UNM hanya mempersoalkan hal-hal yang tidak ilmiah dengan menunjukkan nuansa ilmiah pada kegiatan ini.

"Bahwa betapa riset adalah sesuatu hal yang pokok, sebuah proses ilmiah yang harus kita hadirkan dalam sanubari dan seluruh gerak mahasiswa, karena mahasiswa adalah harapan untuk bangsa," imbuhnya. (SI)

Posting Komentar