Poster Film The Danish Girl.
Sumber: Pinterest

The Danish Girl merupakan film bergenre drama romantis biografi yang dirilis pada tahun 2015 lalu. Film ini mengisahkan kehidupan pasangan suami-istri yang juga merupakan seniman lukis asal Denmark, Einar Wegener dan Gerda Wegener. Keduanya merupakan seniman lukis profesional, bedanya adalah Einar Wegener sudah menjadi pelukis pemandangan yang terkenal, sedangkan Gerda masih kesulitan untuk membesarkan namanya. 

Kisah mereka dimulai saat Einar menggantikan seorang model wanita yang hendak dilukis istrinya, Gerda. Einar yang dikisahkan berlagak selayaknya model wanita dengan padanan stoking, sepatu balet, dan gaun ternyata menghadirkan sosok Lili Elbe.

The Danish Girl disutradarai oleh Tom Hooper. Atas kerja keras Tom Hooper, tim produksi, dan para pemeran mendapatkan rating 66% dari Rotten Tomatoes dan 7,1/10 dari IMDb. Film ini mendapatkan banyak ulasan baik dari para kritikus seni, film ini dianggap mendukung pergerakan transgender diseluruh dunia. 

Film yang diangkat dari kisah nyata ini memberikan dukungan terhadap kebebasan setiap orang untuk menjadi dirinya sendiri. Selain kisah seorang transgender asal Denmark, sosok Gerda dalam film ini juga cukup mengambil perhatian karena kesetiaannya terhadap suaminya yang memilih menjadi seorang transgender. 

Pengambilan gambar seperti benar–benar nyata pada 3 negara dengan suasana pertengahan tahun 1920–an. Penghayatan peran pada setiap pemain dengan utamanya pemeran Lili Elbe juga menuai banyak pujian karena penghayatannya yang sangat dalam. Sehingga, seperti benar–benar menggambarkan sebuah kisah nyata. 

Namun, masih ada beberapa kelemahan dalam film ini. Pada film tidak digambarkan secara detail pertemuan Lili Elbe yang dahulu dengan Hans Axgil sehingga masih menimbulkan rasa penasaran hingga akhir film, dan alur yang digambarkan pada keseluruhan film ini sangat mudah ditebak, terutama sad ending yang digambarkan pada film ini. (SKA)

Posting Komentar