Seminar Bincang Komunikasi Asik oleh Mahasiswa Kelompok 1 KKP FPsi UNM di UPT PPK BKD Provinsi Sulsel.
Sumber: Dok. Pribadi

Mahasiswa Kelompok 1 Kuliah Kerja Profesi (KKP) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan kegiatan seminar bertajuk Bisik (Bincang Komunikasi Asik) di UPT (Unit Pelaksana Teknis) PPK (Penilaian Potensi dan Kompetensi) BKD (Badan Kepegawaian Daerah) Provinsi Sulawesi Selatan pada Selasa (21/11) lalu.

Rina Dwi Pramesti selaku panitia penyelenggara menyampaikan bahwa kegiatan seminar Bisik dilakukan berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang telah dilakukan dan diharapkan dapat mempererat solidaritas para pegawai. 

“Kegiatan ini kami lakukan berdasar pada analisis kebutuhan yang kami dapatkan, kami berharap kegiatan ini dapat mempererat solidaritas para pegawai serta terjalinnya komunikasi yang efektif bagi seluruh pegawai UPT Penilaian Potensi dan Kompetensi BKD Provinsi Sulsel,” ucap mahasiswa yang akrab disapa Rina tersebut.

Andi Nur Qalbi Jaya Selaku panitia penyelenggara lanjut menyampaikan bahwa kegiatan seminar Bisik bekerja sama dengan dosen FPsi UNM sebagai pemateri dan fasilitator seminar.

“Pada kegiatan ini kami bekerja sama dengan pihak kampus yaitu kak Oca dan bunda Widya, kak Oca sebagai pemateri untuk seminar dan bunda Widya sebagai fasilitator untuk games. Pada kegiatan ini kami membuat sekitar 5 games yang dirancang untuk komunikasi dan kerjasama antar pegawai di UPT,” ucap mahasiswa yang akrab disapa Qalbi tersebut.

Lanjut, Nurul Azizah Wahdini selaku panitia penyelenggara menyampaikan bahwa peserta kegiatan seminar Bisik yaitu 20 pegawai dan staf UPT PPK BKD Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) dan dibantu oleh anak magang lainnya sebagai panitia. 

“Kegiatan ini diikuti sebanyak 20 pegawai dan staf UPT PPK BKD Provinsi Sulsel, dan dibantu oleh 15 panitia. Panitianya ini dari anak-anak yang magang juga di UPT jadi kami saling membantu dan bahu-membahu dalam menjalankan Proker kami masing-masing, tapi tetap kami berlima sebagai kelompok 1 yang mengatur dan merancang acara hingga selesai, karena bagaimanapun kami juga yang punya Proker jadi harus yang paling ikut andil dalam kegiatan,” ucap mahasiswa yang akrab disapa Dini tersebut.

Regina Hijriani selaku panitia penyelenggara kemudian menyampaikan bahwa terdapat agenda games pada kegiatan seminar Bisik dengan tujuan untuk mengasah komunikasi dan kerjasama peserta.

“Konsep acaranya sendiri tidak hanya seminar sebenarnya, kami juga menambahkan agenda games yang tujuannya untuk mengasah komunikasi dan kerjasamanya para pegawai UPT PPK BKD Provinsi Sulsel. Jadi untuk agenda pertamanya itu pembawaan materi mengenai komunikasi efektif dari kak Oca lalu ada sesi tanya jawab setelah itu kami lanjut agenda games sekitar 1 jam yang difasilitatori oleh bunda Widya langsung. Games-nya sendiri sebenarnya yang kami rancang itu ada 5 games tapi karena waktu yang tidak mencukupi kami potong jadi 3 games saja sesuai yang diarahkan juga sama bunda Widya,” ucap Regina.

Nurafika selaku panitia penyelenggara kemudian menyampaikan apresiasi terhadap peserta dan panitia yang telah menyukseskan kegiatan seminar Bisik. 

“Kami selaku kelompok 1 sangat berterima kasih atas antusiasme dari peserta dan juga teman-teman panitia yang sudah membantu kami menyukseskan acara seminar Bisik, tidak lupa kami juga berterima kasih kepada kepala UPT Penilaian Potensi dan Kompetensi BKD Provinsi Sulsel karena telah mengizinkan kelompok kami untuk mengadakan kegiatan ini,” ucap mahasiswa yang akrab disapa Fika tersebut.

Sebagai penutup, Muhammad Takbir Ramadhani selaku peserta yang ikut dalam agenda mengungkapkan kesan dan pesannya mengenai kegiatan seminar Bisik.

"Kegiatannya sangat menggembirakan dan buat excited, semoga kegiatannya dapat terus dilaksanakan dan lebih dikembangkan lagi dari segi materi dan metode dengan mengikuti setiap tren yang hangat dibicarakan sehingga lebih menambah ketertarikan bagi peserta,” tutupnya.

Posting Komentar