Program Kerja Pembuatan Mading "Our Memories" oleh Mahasiswa Magang FPsi UNM.
Sumber: Dok. Pribadi

Kegiatan Teman Cerita ini dirampungkan secara bersamaan dengan pembuatan mading. Mading ini merupakan media ataupun wadah kepada pasien untuk bebas mengkreasikan imajinasinya. 

Kegiatan Teman Cerita dilaksanakan sebanyak tiga kali dengan pasien yang berbeda dan ada juga secara berkelompok, yaitu pasien yang sedang rawat jalan dan pasien yang sedang rawat inap atau yang masih membutuhkan perawatan di Rumah Sakit Daerah (RSKD) Dadi. 

Kegiatan Teman Cerita ini sama halnya dengan melakukan konseling secara individu kepada klien. Akan tetapi konsep dalam program Teman Cerita lebih bebas dan tidak memaksa klien untuk bercerita ataupun menanyakan pertanyaan yang tidak ingin dijawab klien.

Maka dari itu hasil dari kegiatan Teman Cerita adalah agar pasien yang awalnya sulit untuk bercerita dan menutup diri, dapat mulai menceritakan bagaimana dirinya, apa yang dirasakan serta hal-hal yang ia sukai setelah mengikuti kegiatan Teman Cerita. 

Salah satu pasien yang mengikuti program Teman Cerita ini juga tak sungkan untuk menunjukkan bakat serta apa yang disukainya seperti menyanyi, membaca puisi, dan menari. 

Selanjutnya, program kerja kelompok yang dilakukan adalah pembuatan mading yang diberi judul “Our Memories”. Mading ini sebagai wadah ataupun media kepada pasien untuk berkreasi dengan imajinasinya. Mading ini berisi beberapa gambar seperti kegiatan program kerja individu, hasil karya pasien, serta foto bersama dengan pasien yang telah berpartisipasi dalam program kerja individu ataupun kelompok yang sudah dilakukan.

Maka dari itu hasil dari program pembuatan mading memberikan pasien kebebasan untuk menghias serta mengkreasikan imajinasinya yang dituangkan dalam mading. Pasien juga antusias dan senang pada tahap menempel pernak-pernik pada mading, pasien juga menempel foto-foto yang telah disediakan yang dimana dalam foto tersebut ada diri pasien sendiri. Pasien juga merasa puas atas hasil kreasi mereka sendiri yang ditempelkan di mading.

Kegiatan Teman Cerita dilakukan di beberapa tempat seperti Instalasi Rehabilitasi Psikososial maupun bangsal-bangsal yang berada di RSKD Dadi Prov. Sulsel. Kegiatan Teman Cerita dilakukan bersamaan pada saat program kerja individu mahasiswa magang berlangsung. 

Kegiatan pembuatan mading dilakukan bersama pasien rawat jalan dan rawat inap khususnya Bangsal Kenanga dan Bangsal Sawit di RSKD Dadi Prov. Sulsel. Kegiatan pembuatan mading dilakukan sebanyak tiga kali, yaitu pada tanggal (08-10/11).

Salah satu pasien mengungkapkan merasa lega dan setelah dapat bercerita dengan teman rehab.

“Setelah bercerita dengan kita saya merasa lebih lega dan senang karena punya teman cerita selama di rehab,” ujar salah satu pasien. 

Sebagai penutup, salah satu pasien mengungkapkan perasaannya ketika menempel foto di mading.

“Saya merasa bahagia saat menempel foto saya dan teman-teman dengan hiasan cantik yang disediakan kakak mahasiswa,” tutupnya.

Posting Komentar