Mahasiswa FPsi UNM Peraih Juara 1 Kompetisi Debat Empati 2023.
Sumber: Dok. Pribadi

Psikogenesis, Sabtu (02/12) - Tim Usaha Nekat Menabung yang terdiri dari Nosten Saputra Sitorus dan Ana Fardana selaku Mahasiswa Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) berhasil meraih Juara Satu pada Debat Empati dengan Tema "Together We Are Strong: One Spirit to Eliminate Sexual Violence and Harrasment" yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Kajian Ilmiah Mahasiswa Bertakwa (LKIMB) pada Sabtu (25/11) lalu.

Nosten Saputra Sitorus, salah satu anggota tim Usaha Nekat Menabung mengungkapkan bahwa Kompetisi Debat Empati bertujuan untuk membangun pengetahuan dan juga kepeduliaan terhadap eksistensi wanita.

“Lomba ini tujuannya untuk membangun knowledge dan juga kepeduliaan terhadap eksistensi wanita dan meminimalisir tindakan pelecehan seksual,” ucapnya.

Ketika ditanya mengenai persiapan, Nosten mengungkapkan tidak memiliki persiapan dalam mengikuti lomba Debat Empati dan merasa beruntung bisa mendapatkan juara.

“Sebenarnya kalau persiapan itu tidak ada, cuma karena sebelumnya baru-baru selesai dari Debat OCEAN, jadi mungkin masih membara pas turun di Empati dan ternyata masih hoki,” ungkapnya.

Nosten juga mengungkapkan setelah mengikuti kompetisi Debat Empati, ia lebih mengetahui bagaimana situasi perempuan dan hal-hal di balik kekerasan seksual yang dialami perempuan.

“Saya jadi lebih progresif memikirkan tentang bagaimana situasi perempuan, dan bagaimana melihat hal-hal di balik kekerasan seksual itu,” ujarnya.

Lebih lanjut, Nosten berharap semangat lombanya tidak menurun karena mengikuti lomba membutuhkan waktu dan biaya.

“Saya harap ke depannya semangat lombanya tidak boleh menurun, karena ikut lomba itu butuh persiapan waktu dan biaya, jadi kalau tidak juara rasanya tuh kayak nggak ada gunanya. Jadi harapannya harus benar-benar persiapan dulu,” ujarnya.

Sementara Ana berharap tidak cepat merasa puas dengan diri sendiri dan berharap kompetisi debat di UNM dapat difasilitasi tidak hanya diapresiasi.

"Semoga saya bisa lebih baik dan tidak cepat puas, dan untuk UNM semoga kompetisi debatnya bisa lebih bagus dan bisa difasilitasi tidak hanya diapresiasi," harapnya. (AF) 

Posting Komentar