Penandatangan Pakta Integritas Satgas PPKS.
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis.

Psikogenesis, Selasa (12/12) – Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan kegiatan sosialisasi di Fakultas Psikologi (FPsi) UNM bertempat di Aula Moh. Tayyeb Manrihu (MTM) pada Kamis (07/12) lalu.

Kegiatan sosialisasi ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh Satgas PPKS UNM di seluruh fakultas yang ada di UNM. Dalam kegiatan ini, hadir sejumlah dosen, staf dan pemangku jabatan serta mahasiswa di lingkup FPsi UNM. 

Firman Umar selaku Ketua Satgas PPKS UNM menyampaikan bahwa sosialisasi terkait kekerasan seksual merupakan salah satu tugas dari Satgas PPKS.

“Salah satu kewajiban dari Satgas PPKS itu adalah melakukan sosialisasi terkait kekerasan seksual, alas hukum dari PPKS ini adalah Permendikbud (baca: Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan) nomor 30 tahun 2021, dalam perspektif Kemendikbud, kekerasan seksual ini sudah darurat kondisinya, dengan adanya sosialisasi ini, harapannya akan ada pemahaman dan dapat disikapi dengan layak berdasar hukum tentang ini,” ucap pria yang akrab disapa Umar ini.

Sejalan dengan itu, Ahmad Razak selaku Dekan FPsi UNM juga mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dakwah yang bertujuan untuk mengingatkan mengenai dan bisa menjadi usaha pencegahan dan menjaga diri dari melakukan perbuatan yang mengarah pada kekerasan seksual.

“Saya kira ini adalah bagian dari penjagaan dan juga adalah dakwah sebenarnya, kalau tidak salah itu di dalam Surah Al-Isra ayat 32, Allah berfirman dan janganlah dekati zina karena sesungguhnya zina itu adalah perbuatan kecil dan jalan yang sangat buruk, karena itu pada hari ini adalah bagian daripada preventif (baca: pencegahan), penjagaan, jangan sampai kita khilaf. Kalau kita tidak saling ingat, nantinya kita bisa khilaf,” jelas pria yang akrab disapa Ahmad ini.

Selain memberikan sosialisasi terkait PPKS kegiatan ini juga dirangkaikan dengan pembacaan dan penandatanganan pakta integritas terkait PPKS dilingkup UNM yang diwakili oleh Ahmad Ridfah selaku Kepala Jurusan FPsi UNM. (PHS)

Posting Komentar