Foto Bersama pada Psikoedukasi Workplace Spirituality oleh Mahasiswa KKP FPsi UNM.
Sumber: Dok. Pribadi

Mahasiswa Kelompok 2 Kuliah Kerja Profesi (KKP) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan kegiatan Psikoedukasi berbentuk seminar bertajuk "Workplace Spirituality" atau spiritualitas kerja dalam pandangan psikologis di UPT (Unit Pelaksana Teknis) PPK (Penilaian Potensi dan Kompetensi) BKD (Badan Kepegawaian Daerah) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) pada Rabu (29/11) lalu.

Sunarti selaku panitia penyelenggara menyampaikan bahwa kegiatan seminar ini dilakukan berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang telah dilakukan dan diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada pegawai terkait pentingnya menghadirkan spiritualitas di tempat kerja.

“Kegiatan ini kami lakukan berdasar pada analisis kebutuhan yang kami dapatkan, kami berharap kegiatan ini dapat mempererat solidaritas para pegawai serta pentingnya spiritualitas kerja bagi seluruh pegawai UPT Penilaian Potensi dan Kompetensi BKD Provinsi Sulsel,” ucap narti.

Nursyikin Bte Ridduan Selaku panitia penyelenggara lanjut menyampaikan bahwa kegiatan seminar Workplace Spirituality bekerja sama dengan dosen FPsi UNM sebagai pemateri dan fasilitator seminar.

“Pada kegiatan ini kami bekerja sama dengan pihak kampus yaitu pak Dr. H. Ahmad Razak, S.Ag., S.Psi., M.Si selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) kami dan pak Ahmad Yasser Mansyur, S.Ag., S.Psi., M.Si., Ph.D selaku pakar terkait tema Workplace Spirituality sehingga kami memilih beliau sebagai pemateri dan fasilitator dalam pemberian refleksi oleh pegawai terkait seminar yang diberikan dalam bentuk pohon harapan," ucap mahasiswa yang akrab disapa Syikin ini. 

Lanjut, Dinia Anisa Ludar selaku panitia penyelenggara menyampaikan bahwa peserta kegiatan seminar Workplace Spirituality dihadiri oleh 20 pegawai dan staf UPT PPK BKD Provinsi Sulsel dan dibantu oleh anak magang lainnya sebagai panitia. 

“Kegiatan ini diikuti sebanyak 20 pegawai dan staf UPT PPK BKD Provinsi Sulsel, dan dibantu oleh 15 panitia. Panitianya ini dari anak-anak yang magang juga di UPT jadi kami saling membantu dan bahu-membahu dalam menjalankan proker kami masing-masing, tapi tetap kami bertiga sebagai kelompok 2 yang mengatur dan merancang acara hingga selesai, karena bagaimanapun kami juga yang punya proker jadi harus yang paling ikut andil dalam kegiatan,” ucap mahasiswa yang akrab disapa Dinia ini.

Lanjut, Narti menyampaikan apresiasi terhadap peserta dan panitia yang telah menyukseskan kegiatan seminar ini.

“Kami selaku kelompok 2 sangat berterima kasih atas antusiasme dari peserta dan juga teman-teman panitia yang sudah membantu kami menyukseskan acara seminar Workplace Sprituality ini, tidak lupa kami juga berterima kasih kepada kepala UPT Penilaian Potensi dan Kompetensi BKD Provinsi Sulsel karena telah mengizinkan kelompok kami untuk mengadakan kegiatan ini (baca: Seminar Psikoedukasi),” ucap Narti.

Sebagai penutup, Muhammad Fathur selaku peserta yang ikut dalam agenda mengungkapkan kesan dan pesannya mengenai kegiatan Seminar Workplace Sprituality.

"Kegiatannya sangat menggembirakan dan buat excited, semoga kegiatannya dapat terus dilaksanakan dan lebih dikembangkan lagi dari segi materi dan metode dengan mengikuti setiap trend yang hangat dibicarakan sehingga lebih menambah ketertarikan bagi peserta,” tutupnya. 

Posting Komentar