Webinar “Melawan Kekerasan: Perlindungan dan Mekanisme Pengaduan Bagi Perempuan dan Anak” oleh Kelompok KKP FPsi UNM.
Sumber: Dok. Pribadi

Kelompok Kuliah Kerja Proyek (KKP) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) telah melaksanakan program kerja di Unit 4 Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan (Sulsel) pada Selasa (21/11) lalu.

Program kerja yang dilakukan yaitu kegiatan webinar dengan mengangkat tema “Melawan Kekerasan: Perlindungan dan Mekanisme Pengaduan Bagi Perempuan dan Anak”. 

Kegiatan webinar dilakukan melalui zoom meeting yang diikuti oleh 40 peserta dari berbagai Instansi Perguruan Tinggi. Adapun narasumber yang memberikan materi pada webinar ini yaitu bapak Suriadi selaku Pembantu Unit (Panit) 1 Unit 4 Sub Direktorat (Subdit) IV Remaja Anak dan Wanita (Renakta) Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Sulsel.

Tujuan kegiatan ini dilaksanakan untuk membantu meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai bentuk-bentuk kekerasan yang memenuhi unsur tindak pidana dan mekanisme pengaduan bagi perempuan dan anak yang mengalami kekerasan.

Kegiatan webinar ini mendapatkan tanggapan yang positif dari para peserta yang mengikuti webinar ini. Hal ini terbukti dengan beberapa kesan dan pesan yang dituliskan oleh peserta.

“Webinar ini sangat berdampak positif bagi kita yang masih awam mengenai kekerasan dan cara meminimalisirnya agar tidak terjadi lagi kekerasan dan meningkatkan keberanian juga bagi korban yang mengalami kekerasan agar bisa speak up dan melaporkan ke pihak berwajib,” ungkap salah satu peserta webinar. 

Salah satu peserta webinar menjelaskan bahwa penjelasan kekerasan yang dapat terjadi pada perempuan dan anak membuatnya ingin mengantisipasi kekerasan tersebut.

“Mendalamnya penjabaran dan pemahaman atas kekerasan yang dapat terjadi pada perempuan dan anak memberikan kita gambaran bahwa apa saja yang dapat terjadi dan kita pun berusaha untuk mengantisipasi hal tersebut serta secara tidak langsung kita dapat membantu juga dengan memberikan informasi atas layanan di kepolisian mengenai perempuan dan anak,” jelas salah satu peserta webinar.

Salah satu peserta webinar mengungkapkan kesenangannya mengikuti webinar dengan pemaparan materi yang mengesankan. 

“Saya sangat senang dengan Webinar Online Mahasiswa KKP PPA Polda Sulsel dari Fakultas Psikologi UNM telah menghadirkan pemateri dengan pemaparan dan diskusi yang mengesankan," ungkap salah satu peserta webinar.

Posting Komentar