Ilustrasi Psikologika "Celebrity Worship: Perilaku Memuja atau Menyembah Selebriti".
Sumber: google.com

Celebrity Worship atau Celebrity Worship Syndrome adalah istilah yang merujuk pada perilaku atau sikap intens dan berlebihan dari seseorang terhadap selebriti atau tokoh terkenal (Maltby, Day, McCutcheon, Gillet, Houran, & Ashe, 2004). Istilah ini merujuk pada dorongan kuat untuk memuja atau mengagumi selebriti, seperti cara orang memuja atau menyembah objek pemujaan. Berikut ciri fenomena Celebrity Worship (Maltby, dkk., 2004): 

1. Idealisasi Berlebihan: Pengidap akan memandang selebriti sebagai sosok yang sempurna dan menjadi panutan hidup.

2. Perasaan Keterikatan Emosinal yang Kuat: Pengidap merasa terhubung secara emosional dan merespon secara mendalam terhadap setiap aspek kehidupan selebriti.

3. Menghabiskan Waktu dan Energi yang Berlebihan: Pengidap akan menghabiskan waktu dan energi untuk mengetahui tiap informasi dan kegiatan terbaru selebriti mereka. Kegiatan ini bahkan menjadi fokus utama dalam aktivitas hariannya.

4. Kehilangan Realitas: Pengidap akan sulit membedakan kondisi selebriti yang dibentuk oleh media dan realitas kehidupan selebriti yang sesungguhnya.

5. Rasa Kepemilikan: Pengidap akan merasa memiliki hubungan yang lebih intim dengan selebriti meskipun sebenarnya pengidap belum pernah bertemu, atau beinteraksi secara langsung.

Celebrity Worship telah dikonseptualisasikan memiliki bentuk yang nonpatologis dan patologis jika dalam bentuk ekstrem (McCutcheon, Lange, & Houran, 2002). Celebrity Worship, terutama pada tingkat yang ekstrem, dapat memiliki dampak negatif pada kesejahteraan mental dan emosional individu, termasuk ketidakmampuan untuk membentuk hubungan interpersonal yang sehat, ketidakseimbangan prioritas hidup, dan perasaan kecemasan atau kekecewaan ketika ekspektasi tidak terpenuhi (Maltby dkk., 2004). (UR)

Referensi

Maltby, J., Day, L., McCutcheon, L. E., Gillett, R., Houran, J., & Ashe, D. D. (2004). Personality and coping: A context for examining celebrity worship and mental health. British Journal of Psychology, 95(4), 411-428. https://doi.org/10.1348/0007126042369794.

McCutcheon, L. E., Lange, R., & Houran, J. (2002). Conceptualization and measurement of celebrity worship. British journal of psychology (London, England: 1953), 93(Pt 1), 67–87. https://doi.org/10.1348/000712602162454.

Posting Komentar