Foto Bersama Peserta PIP dan Pengusus LPM Psikogenesis pada Kunjungan Media di Fajar.
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Senin (11/12) – Peserta Psikogenesis Internship Program (PIP) Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Psikogenesis melakukan kunjungan media di Fajar pada Jumat (08/12) lalu.

Musykirah Ridwan selaku Penanggung Jawab (PJ) PIP menjelaskan bahwa tujuan dilakukan kunjungan media ini adalah agar peserta PIP mendapatkan wawasan mendalam mengenai dinamika jurnalisme mulai dari memahami proses terbitnya berita, strategi pengambilan serta pengetahuan terkait bagaimana membuat produk jurnalistik berkualitas tinggi yang sesuai dengan standar profesionalisme dan keberlanjutan media massa.

"Untuk tujuan diadakannya kunjungan media kali ini, tentu saja untuk menambah pengetahuan para peserta Psikogenesis Internship Program terkait bagaimana proses berita itu terbit, bagaimana cara mengambil angle berita, bagaimana dinamika redaksi yang ada di media Fajar itu sendiri dan juga mendapat pengetahuan terkait bagaimana produk jurnalistik yang ada di Fajar itu mulai dari prosesnya sampai penerbitannya," jelasnya.

Mahasiswa yang akrab di sapa Ira ini mengungkapkan bahwa Kunjungan media dilaksanakan pada hari Jumat (08/12) pukul 16.00 WITA yang dihadiri oleh peserta PIP dan pengurus LPM Psikogenesis.

"Kunjungan media dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 08 desember 2023, pukul 16.00 dan tentu saja para peserta Psikogenesis Internship Program dan para pengurus LPM Psikogenesis," ungkapnya.

Wa Ode Sri Hajar Utami sebagai salah satu peserta PIP mengungkapkan bahwa ia sangat antusias karena kunjungan media menjadi salah satu momen yang paling dinantikannya.

“Saya sangat excited (baca: semangat). Tentunya sebagai peserta magang Psikogenesis Internship Program, kunjungan media adalah salah satu kegiatan yang sangat ditunggu-tunggu, bukan hanya saya tetapi teman-teman magang yang lainnya juga. Bisa berkunjung ke kantor media penyiaran Fajar menjadi sebuah pengalaman berharga bagi saya sendiri. Kesempatan untuk berbincang secara langsung bersama orang-orang yang berperan dalam proses pembuatan berita, mendapatkan gambaran dari mereka tentang bagaimana proses pembuatan berita tersebut, hingga melihat ruangan-ruanagan yang digunakan untuk melakukan penyiaran merupakan hal menarik yang saya dapatkan di kegiatan kunjungan media ini," ungkapnya.

Peserta yang akrab disapa Ulfa ini mengatakan bahwa dengan adanya kunjungan media ini peserta PIP tak hanya memperoleh pembelajaran dari pengurus LPM Psikogenesis, tetapi juga dari orang dalam dunia jurnalistik yang memiliki pengalaman luas. Selain itu, menurutnya kunjungan media ini memberikan wawasan tentang bagaimana media Fajar mengelola berita dan menargetkan pembaca mereka.

"Menurut saya ini sangat bagus, karena para peserta magang tidak hanya mendapatkan pembelajaran atau informasi dari kakak-kakak Psikogenesis saja, namun juga dapat dari orang-orang yang sudah berkecimpung lama di dunia pemberitaan dan tentunya memiliki pengalaman yang lebih banyak. Selain itu melalui kunjungan media ini saya menjadi tahu bagaimana media besar seperti Fajar me-manage (baca: mengatur) berita-berita mereka dan bagaimana cara mereka melihat sasaran-sasaran pembaca berita mereka," katanya.

Ode berharap bahwa dengan adanya kunjungan media ini dapat meningkatkan pemahaman terutama peserta magang yang masih baru dan memiliki sedikit pengalaman dalam pembuatan berita. Selain itu, ia berharap kunjungan media ini membantu memperluas jaringan LPM Psikogenesis, dan mungkin di masa depan, bisa terjalin kolaborasi yang bermanfaat antara LPM Psikogenesis dan media Fajar.

"Harapan saya adalah semoga dari kegiatan kunjungan ini dapat menambah wawasan kita terkait pembuatan berita terkhususnya bagi kami peserta magang yang bisa dibilang masih baru dan pengalamannya masih sedikit terkait pembuatan berita. Selain itu semoga dengan diadakannya kunjungan media seperti ini dapat memperluas jaringan dari LPM Psikogenesi atau mungkin ke depannya LPM Psikogenesis bisa berkolaborasi dengan Fajar," harapnya.

Sebagai penutup, Ira berharap peserta PIP memperoleh pemahaman yang lebih dalam mengenai produk-produk jurnalistik dan mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh dari media Fajar di LPM Psikogenesis, terutama mereka yang akan menjadi generasi penerus Psikogenesis di masa depan.

"Harapan saya semua para peserta PIP mendapatkan pengetahuan yang lebih terkait produk-produk jurnalistik dan semoga para peserta PIP bisa menerapkan hal-hal yang didapatkan dari media Fajar di LPM Psikogenesis ini sendiri, apalagi mereka yang akan menjadi penerus Psikogenesis ke depannya," tutupnya. (UH) 

Posting Komentar