Laporan Pertanggungjawaban Psychology In Action (PIA) 2017 yang terdapat tulisan Psydea
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Minggu (12/02) - Laporan pertanggungjawaban (LPJ) kepanitiaan Psychology In Action (PIA) 2017 yang diforumkan pada Minggu (12/02) di Aula Prof. Dr. H.A. Moh. Thayeb Manrihu (Aula MTM), Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) dinilai melalukan plagiarisme terhadap LPJ kegiatan Psychology Idea (Psydea) 2016.

Haryandi selaku Ketua Komisi I Maperwa Keluarga Mahasiswa (Kema) FPsi UNM mempertanyakan keorisinalitas LPJ PIA 2017 yang terdapat kata Psydea pada bagian Divisi Kesekretariatan. "Ini LPJ diduga copas. Ini LPJ-nya Psydea atau PIA kah? Karena di bagiannya Kesektariatan ada kata Psydea disini padahal ini LPJ-nya PIA," ujar pria yang akrab disapa Andi ini pada agenda Feedback forum LPJ PIA 2017.

Menanggapi pertanyaan sekaligus pernyataan dari Andi, Salmirani Marseng selaku Koordinator Divisi Kesekretariatan PIA 2017 mengaku bahwa menjadikan LPJ Psydea 2016 sebagai acuan menyusun LPJ tetapi adanya kata Psydea dalam LPJ bukan karena dilakukannya copy-paste (baca: plagiat) melainkan disebabkan oleh ketidaktelitian ketika menyusun LPJ. "LPJ Psydea tahun lalu memang saya lihat dan jadikan contoh. Tidak pernah ada niatku untuk copas. Itu murni karena kesalahan saya yang kurang teliti dan fokus," jelasnya.

Hingga berita ini diterbitkan, forum LPJ PIA 2017 masih berlangsung di Aula MTM, FPsi UNM. (IG)

Posting Komentar