Suasana diskusi bincang buku di Perpustakaan Umum Lt.2 Ruang Sinema Mini Universitas Negeri Makassar (UNM)
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis


Psikogenesis, Rabu (22/02) - Asniar Khumas selaku ketua Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Sulawesi Selatan (Sulsel) beri ruang  kepada seluruh masyarakat Psikologi dalam hal pengembangan ilmu psikologi yang berbasis literatur.  Salah satunya adalah Buku Sepi Manusia Topeng yang kemudian dikupas secara mendalam   pada Senin (20/02) di Perpustakaan Umum Lt. 2 Ruang Sinema Mini Universitas Negeri Makassar (UNM).

Asniar Khumas sebagai salah satu dosen FPsi UNM mengungkapkan bahwa kegiatan ini sejalan dengan program ke-ilmuan HIMPSI Pusat. Ia pun menambahkan bahwa kedepannya akan memfasilitasi dengan menerbitkan tulisan-tulisan lainnya. “Kalau banyak lagi teman-teman yang memiliki tulisan, akan terus kita fasilitasi dengan menerbitkannya seperti ini,” ungkapnya.

Buku Sepi Manusia Topeng Sendiri merupakan kumpulan 50 esai literasi memuat teori-teori psikologi yang ditulis oleh Wawan Kurniawan sebagai salah satu masyarakat Psikologi yang mendapatkan kesempatan itu. Menurut pria yang akrab disapa Wawan ini, teori psikologi sangat banyak menyimpan pesan-pesan yang harus dibagikan kepada semua orang. “Tulisan-tulisan itu adalah pesan-pesan psikologi yang sangat sayang jika hanya berakhir di kelas dan tidak didiskusikan secara luas,” tuturnya.

Kegiatan ini menghadirkan dua pembicara, yakni Asniar Khumas dan Alwy Rachman selaku Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin (Unhas).Selain dihadiri oleh mahasiswa UNM, kegiatan tersebut pun juga turut dihadiri oleh beberapa komunitas literasi seperti Literasi Kata Kerja, Litersasi Makassar dan Purna Cakra Muda Indonesia (PCMI). (BM)

Posting Komentar