Kuliah Umum Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar dengan tema "Prospek Karier Sarjana Psikologi" oleh Niken Probowati, S.Psi., MM., Psikolog di Aula Prof. Dr. H.A. Moh. Thayeb Manrihu, (06/02).
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis


Psikogenesis, Senin (06/02) - Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar (FPsi UNM) gelar Kuliah Umum dalam rangka kuliah perdana semester genap 2016-2017. Kegiatan yang bertujuan sebagai bentuk pemanasan sebelum proses perkuliahan ini menghadirkan pembicara dari bidang Psikologi Manajemen Sumber Daya Manusia dan bidang Teknologi Pendidikan.

Mantan Direktur SDM dan Umum PT Pelindo IV, Niken Probowati dalam penyampaiannya saat membawakan topik dengan tema "Prospek Karier Sarjana Psikologi" menekankan bahwa perubahan yang sangat pesat menuntut sarjana khususnya psikologi untuk tidak hanya bekerja berdasarkan background pendidikan, melainkan membutuhkan wawasan yang luas serta skill yang kompetitif. Alumni Universitas Padjajaran ini menegaskan bahwa mahasiswa psikologi dengan ilmu yang lebih lengkap harus mampu menghadapi masalah dengan kecenderungan resiko lebih besar.

Lebih jauh, wanita asal Probolinggo, Jawa Timur ini menjelaskan jika di masa yang akan datang, seiring dengan globalisasi, perusahaan akan mencari tenaga kerja berdasarkan kompetensi yang dimiliki, sehingga mahasiswa diharapkan mampu menguasai berbagai ilmu pengetahuan yang dapat meningkatkan personal selling yang dimilikinya. "Mahasiswa harus bisa menjual kapabilitasnya," ungkapnya saat membawakan materi di Aula Prof. Dr. H.A. Moh. Thayeb Manrihu.

Husnul Azizah sebagai peserta kuliah umum memberikan tanggapan positifnya terkait topik yang disampaikan. Sekretaris Umum BKM Forum Studi Islam (FSI) ini beranggapan bahwa sebagai calon sarjana psikologi, background bukanlah masalah, karena yang dicari di dunia kerja adalah orang-orang kompeten dengan daya saing tinggi. Namun di samping itu ia menyayangkan bahwa topik yang dibahas dalam kuliah umum masih lebih banyak mengarah ke bidang industri dan SDM, belum menyentuh bidang lain. "Kalau mengenai prospek kerjanya secara umum ibu hanya menjelaskan pada bidang PIO ji," tuturnya.

Selain Niken Probowati, pembicara lain yang turut berbagi ilmu dan pengalaman dalam kuliah umum adalah Hartoto dan Sella Mawarni. Kedua Magister pendidikan ini lebih banyak melakukan sharing pembelajaran dan memberikan mahasiswa strategi yang bisa diaplikasikan untuk mendukung kesuksesan akademik. (AV)

Posting Komentar