Daftar hadir perkuliahan
Sumber: Dok, Pribadi Mahasiswa

Psikogenesis, Sabtu (11/02) - Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) akan memperketat penertiban absensi perkuliahan. Hal tersebut dilakukan mengingat absensi atau istilah dari daftar kehadiran menjadi salah satu dokumen yang dinilai dan dievaluasi dalam proses monitoring International Organization for Standardization (ISO).

Muh. Nurhidayat Nurdin selaku Kepala Program Studi (Kaprodi) FPsi UNM mengungkapkan bahwa melengkapi daftar kehadiran tertutama terkait penulisan tanggal perkuliahan adalah hal yang penting dan berfungsi sebagai rekam jejak perkuliahan. "Ya iyalah penting, itu kan untuk kontrol, untuk evaluasi juga. Jadi untuk mengontrol apakah perkuliahan berjalan sesuai rencana perkuliahan atau tidak" jelasnya.

Namun, realitanya masih ada beberapa absensi perkuliahan yang tidak dilengkapi dengan tanggal perkuliahan. Saat dikonfirmasi, pria yang akrab disapa Dayat ini menyatakan bahwa hal tersebut menjadi salah satu urgensi perlunya menentukan koordinator kelas. Selain itu, penertiban ini juga perlu dilakukan mengingat kerap kali terjadi permasalahan absensi yang dilakukan oleh oknum mahasiswa yang tidak bertanggungjawab diakhir semester karena kurangnya pengawasan. 

Lebih lanjut, pria alumni Universitas Gadjah Mada (UGM) ini menjelaskan bahwa pentingnya penggandaan absensi perkuliahan oleh koordinator sebagai arsip dalam meminimalisir fenomena "Absensi Hilang". "Itu sebenarnya tanggung jawab koordinator, makanya setiap kelas itu ada koordinatornya karena kadang-kadang dosen tanda tangan pun lupa" paparnya.

Terkait komponen yang menjadi penilaian dalam ISO, Dayat menjelaskan bahwa penilaian terbagi atas mayor dan minor. Mengenai seberapa penting pengaruh ketertiban absensi terhadap proses monitoring ISO, dosen pengampu mata kuliah Psikologi Sosial ini menjelaskan bahwa hal tersebut masih tergolong kategori minor. Kendati demikian, Dayat selaku Kaprodi tetap berharap agar kedepannya mahasiswa yang ditunjuk sebagai koodinator dapat lebih memaksimalkan fungsinya terkait penertiban absensi ini. (011)


*Berita ditulis oleh Peserta Magang Diklat Jurnalistik (DJ) IX LPM Psikogenesis

Posting Komentar