Sambutan Dekan FPsi UNM, Muhammad Jufri dalam Kuliah Umum Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar di Aula Prof. Dr. H.A. Moh. Thayeb Manrihu, (06/02)
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Senin (06/02) - Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) telah memulai aktivitas perkuliahan semester genap 2016/2017 dengan pelaksanaan Kuliah Umum pada Senin (06/02) di Aula Prof. Dr. H.A. Moh. Thayeb Manrihu. Di awal semester baru ini, FPsi UNM nampaknya telah memantapkan persiapan dengan amunisi baru.

Kuliah umum ini tidak hanya berisikan materi untuk mengawali kuliah perdana, melainkan menjadi ajang penyampaian beberapa informasi. Muhammad Jufri selaku Dekan FPsi UNM menyampaikan bahwa Psikologi saat ini memiliki satu tambahan dosen yang tentunya akan sangat membantu dalam menjalankan proses perkuliahan nantinya, mengingat jumlah tenaga pengajar dapat dikatakan tak seimbang dengan jumlah mahasiswa aktif FPsi UNM.

Guru Besar FPsi UNM ini melalui sambutannya dalam kegiatan Kuliah Umum, memperkenalkan Niken Probowati sebagai amunisi tambahan dan telah resmi berstatus sebagai dosen luar biasa di FPsi UNM. "Mulai semester ini, kita mendapatkan amunisi tambahan karena Ibu Niken sudah kita SK-kan untuk menjadi dosen luar biasa di Fakultas Psikologi," ucap dosen yang akrab disapa Jufri ini.

Sesuai dengan penuturan Jufri, Niken Probowati akan mulai melakukan aktivitas mengajarnya pada semester genap ini sebagai dosen pengampuh pada mata kuliah Psikologi Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) serta mata kuliah Kepemimpinan dan Dinamika Kelompok. "Kita akan bongkar ilmunya beliau supaya kita bisa manfaatkan bersama-sama," tambah Jufri.

Menanggapi informasi tersebut, Nursyamsiar Rasya sebagai salah satu mahasiswi FPsi UNM tersebut memberikan respon positif terhadap upaya yang dilakukan FPsi UNM. Selain itu, perempuan yang akrab disapa Siar ini meyakini bahwa dengan bergabungnya Niken Probowati akan memberikan kontribusi dalam hal pelaksanaan perkuliahan yang lebih aplikatif. "Kalo saya pribadi, yang memang berminat di dunia PIO (baca: Psikologi Industri dan Organisasi), tentunya mendukung. Apalagi kan didengar mi tadi sekilas track recordnya bu Niken di dunia IO (baca: Industri dan Organisasi), jadi nanti pada saat perkuliahan lebih konkret ki, bukan hanya sekedar teori," jelasnya.

Berdasarkan produk Hukum Perguruan Tinggi, dosen menurut ikatan kerja dibagi menjadi tiga yaitu dosen tetap, dosen tidak tetap dan dosen honorer. Status dosen luar biasa termasuk dalam kelompok dosen honorer di mana dosen tersebut mengajar di Perguruan Tinggi tanpa ada ikatan kerja (baca: tidak dikontrak), mereka tidak memiliki homebase, dan tidak didata dalam Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT) sehingga tidak memiliki Nomor Urut Pengajar Nasional (NUPN). (RH)

Posting Komentar