Pamflet kegiatan Geometri 2017
Sumber: Dok. Panitia Geometri 2017

Psikogenesis, Jumat (03/02) - Himpunan Matematika (Himatika) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Genius on Mathematics in Real Life Aplication (Geometri 2017) sebagai upaya peningkatan kualitas pendidikan khususnya bidang Matematika. Kegiatan ini diisi oleh beragam lomba yang akan berlangsung selama empat hari mulai Rabu-Sabtu (01-04/02).

Geometri 2017 menyiapkan empat cabang lomba yakni Lomba Cepat Tepat Matematika (LCTM) dalam bentuk grup dan individu, D’ 1st grade in mathematics (Digit) dan Geometri Debate Open Tournament (G-dot). Cabang lomba LCTM dan Digit dibuka untuk seluruh siswa(i) dari kalangan SD, SMP dan SMA sederajat, sedangkan untuk G-Dot sendiri hanya diperuntukkan bagi siswa SMA sederajat.

Citra Laelah Muhammd Asri selaku kordinator acara Geometri 2017 menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan upaya dalam peningkatan kualitas pendidikan terkhusus di bidang Matematika. “Kami ingin meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya di bidang matematika melalui kompetisi,” ungkap perempuan yang akrab disapa Citra ini.

Lebih lanjut, Citra menjelaskan bahwa cabang lomba LCTM akan terdiri dari tiga tahap penyisihan sebelum memasuki sesi final. Berbeda dengan lomba lainnya, G-dot yang diperuntukkan khusus untuk siswa(i) SMA sederajat ini memakai sistem british (baca: terdiri dari tim pro dan kontra). "Kalau lomba grup itu setiap satu grup terdiri dari dua orang," jelas mahasiswi angkatan 2014 tersebut.

Ifa Safira, salah satu peserta cabang lomba LCTM grup menuturkan bahwa melalui lomba ini, ia berharap dapat membanggakan sekolahnya. “Harapannya semoga bisa membanggakan sekolah," tutur siswi asal SMP Negeri 5 Maros ini.

Tahap penyisihan pertama dan kedua cabang lomba LCTM grup dan individu sendiri telah dilangsungkan pada Kamis (02/02). Tahapan ini menyisakan tujuh tim untuk LCTM grup dan 10 orang untuk LCTM individu pada masing-masing jenjang SD, SMP dan SMA. (TEN)

Posting Komentar