Kuliah Umum Psikologi Forensik di Aula MTM FPsi UNM pada Kamis (26/10).
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Jumat (27/10) – Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Kuliah Umum yang mengusung tema "Psikologi Forensik : Praktik dan Riset Psikologi dalam Penegakan Hukum" di Aula Prof. Dr. H. A. Moh. Thayeb Manhiru (MTM) pada Kamis (26/10) lalu. 

Ahmad Razak selaku Dekan FPsi UNM menyampaikan bahwa narasumber yang akan membawakan materi khusus mengenai ilmu psikologi forensik pada kesempatan ini yaitu salah satu dosen Psikologi Forensik dari Universitas Indonesia (UI).

“Kita kedatangan tamu yaitu dosen Universitas Indonesia, dosen Psikologi Forensik yaitu bapak Nathanel Elnadus Johanes Sumampouw, M.Psi., M.Sc., Ph.D., Psikolog. Jadi kita kedatangan tamu dan akan membagi ilmu kepada kita sekalian khususnya ilmu Psikologi Forensik," katanya.

Dalam sambutannya dosen yang akrab disapa Ahmad ini berharap bahwa mahasiswa dapat mendengarkan dengan seksama materi yang akan disampaikan, karena di era sekarang Psikologi Forensik dianggap sebagai salah satu ilmu yang sangat relevan. 

“Mohon mahasiswa agar menyimak dengan baik karena psikologi forensik ini adalah salah satu ilmu yang sangat dibutuhkan di era sekarang ini,“ harapnya.

Lebih lanjut, Ahmad mengatakan bahwa di era sekarang ini pemahaman akan ilmu ini menjadi sangat penting bagi kita semua, terutama di dalam ranah ilmu forensik.

"Di mana di era sekarang ini begitu banyak kriminal atau kasus-kasus yang berhadapan dengan hukum dan lain-lain sehingga ilmu ini adalah ilmu yang sangat penting untuk bisa kita pahami bersama khususnya dalam bidang Ilmu Forensik," ucapnya. 

Menanggapi hal ini, Alim Balyah Masdar sebagai salah satu mahasiswa FPsi yang hadir dalam kuliah umum ini mengatakan bahwa materi pada kuliah umum ini memiliki manfaat untuk dirinya dan ia jadi merasa lebih tertarik dengan Psikologi Forensik karena pendekatannya didasarkan pada fakta yang konkret. 

“Saya semakin tertarik dengan Psikologi Forensik karena hal ini berdasarkan fakta yang ada. Pemateri juga menjelaskan bahwa bisa tidak pembahasan psikologi itu lebih sedikit mainstream gitu itu yang membuat saya lebih tertarik dengan Psikologi Forensik,“ katanya.

Sebagai penutup, mahasiswa yang akrab disapa Alim ini menjelaskan bahwa dengan adanya kuliah umum tadi ia bisa memiliki kesempatan untuk memahami dan mengeksplorasi berbagai aspek yang ada dalam bidang Psikologi Forensik.

“Saya bisa memahami dan mengetahui apa saja yang ada di dalam Psikologi Forensik,“ tutupnya. (UH)

Posting Komentar