Perkuliahan Daring yang Dilakukan di Akhir Pekan.
Sumber: Dok. Pribadi 

Psikogenesis, Kamis (12/10) - Mahasiswa Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) merasa dirugikan terkait adanya perkuliahan yang dilakukan dosen pada akhir pekan.

Menurut TL, salah satu mahasiswa FPsi UNM mengatakan bahwa perkuliahan yang diadakan di akhir pekan sudah dilakukan lebih dari lima kali.

"Selama perkuliahan, sudah mungkin lebih dari lima kali dapat perkuliahan di akhir pekan, dan itu biasa saya rasa dosen yang kurang mengatur jadwal. Mungkin dia (baca: Dosen) kayak ada kepentingan pribadi yang justru itu merugikan kepentingan banyak orang," ucapnya.

TL mengemukakan alasan yang ia dapat dari salah satu dosen yang melakukan perkuliahan di akhir pekan yaitu karena dosen yang bersangkutan memiliki kegiatan lain pada saat jam perkuliahan dan juga untuk mengejar materi yang ketinggalan.

“Biasanya itu kayak di jadwal sebenarnya beliau itu memiliki kegiatan lain, seperti mungkin ada perjalanan daerah atau apapun, sejauh ini alasan yang saya dapat seperti itu. Atau kadang dia itu mengejar materi, dengan alasan karena di fakultas kemarin diundur pembelajaran selama satu pekan,” ungkapnya.

Hal ini juga dialami oleh mahasiswa inisial RT. Menurutnya terdapat lima hingga enam mata kuliah yang mengadakan perkuliahan di akhir pekan, sehingga hal tersebut membuat RT merasa stres.

“Bisa dihitung lima atau enam (baca: mata kuliah). Alhamdulillah kalau biasa dapat ki tiga tapi kalau biasa dapat ki lima atau enam mata kuliah, itu yang bikin stres. Kadang pagi itu sampainya jam sembilan, terus istirahat sampai jam sepuluh. Jam sepuluh kuliah lagi itu sampai siang, siang jam satu lanjut lagi itu sampai jam empat dan kadang malam juga,” ucapnya.

Sebagai Penutup, RT berharap agar perkuliahan di akhir pekan tidak sering terjadi karena akhir pekan digunakan untuk istirahat dan mengerjakan tugas.

“Harapan ku boleh ji lah kita kuliah sabtu tapi diharap juga jangan terlalu sering, karena kita juga butuh istirahat, dan kita juga butuh untuk selesaikan tugas di hari sabtu, dan berharap bisa istirahat di hari minggu. Karena kalau misalnya kita kuliah sabtu otomatis kita tidak bisa istirahat di minggu. Kalau kita kerja tugas hari minggu, tidak ada mi istirahatnya mahasiswa,” tutupnya. (AF) 

Posting Komentar