Kegiatan Pengabdian di SMPN 2 Bungoro Pangkep oleh Tim PKM LP2M UNM.
Sumber: Dok. Pribadi

Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan kegiatan pengabdian dengan tema "PKM Program Improvement Self Awareness sebagai Tindakan Preventif pada Remaja dengan Kecenderungan Juvenile Delinquency" yang berlokasi di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Bungoro Kabupaten (Kab) Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) pada (11/08/2023) lalu.

Tim yang terdiri dari dua dosen Fakultas Psikologi (FPsi) UNM, yaitu Ismalandari Ismail sebagai ketua dengan anggota Sitti Murdiana dan Novi Yanti Pratiwi. Kegiatan ini dilakukan sebagai langkah preventif untuk mencegah dan mengurangi perilaku kenakalan pada remaja melalui pelatihan peningkatan self awareness.

Kegiatan ini melibatkan 29 siswa dari kelas 9 yang ada di SMPN 2 Bungoro Kab. Pangkep. Kegiatan pengabdian dilakukan dalam beberapa sesi, dimulai dengan perkenalan dan menanyakan pemahaman siswa tentang kenakalan remaja hingga masuk dalam pembahasan materi terkait kenakalan remaja dan menjelaskan langkah-langkah dalam meningkatkan self awareness, Adapun kegiatan ini dilakukan melalui pemberian materi oleh Ismalandari Ismail. Selain pemberian materi, siswa juga diberikan tugas self reflection dan mengisi lembar evaluasi dari kegiatan pengabdian yang telah dilakukan.  

Melalui kegiatan ini, tim berharap dapat memberikan pemahaman kepada siswa terkait apa saja bentuk kenakalan remaja dan penyebabnya, kemudian siswa mulai mengenal diri sendiri baik melihat apa yg menjadi kelebihan dan kekurangan diri serta apa yg menjadi cita-citanya ke depan. Terakhir, materi yang telah disampaikan pada kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat terus diaplikasikan oleh siswa dalam kehidupan sehari-sehari dan mulai merencanakan kegiatan yang lebih positif.

Posting Komentar