Pamflet Open Recruitment Volunteer Psychology in Action.
Sumber: Dok. BEM Kema FPsi UNM

Psikogenesis, Kamis (12/10) - Kementerian Pengabdian Masyarakat (Kemenpema) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (Kema) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) membuka pendaftaran sukarelawan Psychology in Action (PIA) III yang berlangsung sejak Senin-Rabu (09-11/10).

Zainab Djihat selaku penanggung jawab program kerja PIA ini menyatakan bahwa seharusnya Open Recruitment volunteer untuk PIA III kali ini tidak diperadakan karena volunteer sebelumnya yang masih bersedia untuk menjadi volunteer.

"Jadi kemarin itu sebenarnya kami dari Pema tidak ada niatan untuk membuka oprec volunteer untuk PIA III dan IV karena ternyata volunteer di PIA I dan II masih mau atau bersedia untuk jadi volunteer lagi di PIA III dan IV," tuturnya.

Zainab lanjut menjelaskan bahwa awalnya volunteer yang bersedia berjumlah 16 orang namun berkurang karena adanya informasi terkait jadwal Ujian Tengah Semester (UTS) Mata Kuliah Psikologi Bermain yang dilaksanakan pada Sabtu (14/10). 

"Kemarin itu sudah ada 16 orang yang list bersedia menjadi volunteer untuk PIA III, tapi pas hari senin tanggal 9 oktober, tiba-tiba ada info kalau jadwal UTS Psikologi Bermain dijadwalkan di hari Sabtu tanggal 14 oktober bertepatan dengan jadwal PIA III," ujarnya. 

Penjadwalan UTS Mata Kuliah Psikologi Bermain berdampak pada pengunduran diri volunteer dari total 16 volunteer yang telah mendaftar, menyisakan 1 orang volunteer yang tersisa. 

"Karena itu seluruh volunteer mengundurkan diri dan hanya tersisa 1 orang saja. Makanya di hari senin itu kami memutuskan untuk membuka oprec lagi," ucapnya.

Zainab menambahkan bahwa selain UTS, adapula volunteer yang mundur karena memiliki jadwal kelas pengganti. Dengan lokasi PIA yang memiliki jaringan yang tidak kondusif menjadi alasan tambahan bagi volunteer untuk mundur.

"Dan di sana (baca: lokasi PIA) itu sinyalnya jelek sekali makanya mundur semua ki volunteer, selain karena UTS ada juga yg mundur karena ada jadwal kelas penggantinya," tambahnya.

Sebagai penutup, Zainab mengharapkan antusiasme masyarakat Kema untuk menjadi volunteer sama besarnya dengan PIA sebelumnya dan harapannya PIA kali ini dapat berjalan lancar seperti PIA sebelumnya.

"Semoga antusias masyarakat kema untuk jadi volunteer di PIA III sama besarnya sama pas oprec volunteer pertama dan semoga PIA III dapat berjalan dengan lancar seperti PIA sebelumnya," tutupnya. (ZA)

Posting Komentar