Pamflet Pendaftaran Pekan Kreativitas Mahasiswa 2024.
Sumber: Dok. Pusat Pelatihan Mahasiswa Terunggul FPsi UNM

Psikogenesis, Minggu (22/10) – Tim Pusat Pelatihan Mahasiswa Terunggul (PUKAT) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) membuka pendaftaran Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) pada tanggal (15/10-15/11) melalui dua gelombang bagi seluruh mahasiswa FPsi UNM. 

Novita Maulidya Jalal, selaku Ketua Tim PUKAT FPsi UNM telah menjelaskan bahwa PKM ini merupakan program tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Tinggi (Kemendikti). Program ini merupakan pemberian dana hibah kepada mahasiswa yang memiliki ide-ide kreatif, inovatif, dan bermanfaat melaui tahap seleksi tanpa memungut biaya.

“Jadi ini program dari Kemendikti yang membuat event di tingkat Perguruan Tinggi berupa pemberian dana hibah bagi mahasiswa yang memiliki ide-ide kreatif, inovatif, dan memang bermanfaat buat negara. Itu akan didanai dan dananya digunakan untuk program itu sendiri. Dan itu memang butuh proses seleksi karena tolok ukurnya memang orang yang benar-benar berkomitmen untuk mengikuti program itu (baca: PKM),” jelasnya.

Ketua Tim PUKAT FPsi UNM yang akrab disapa Novi menyatakan bahwa pendaftaran PKM dimulai lebih awal guna meningkatkan kualitas peserta dari FPsi UNM pada acara PKM nantinya dengan harapan jumlah peserta yang lolos ke tahap Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) yang akan diselenggarakan di Universitas Padjajaran ada banyak. 

“Sebenarnya ini kan program tahunan dan biasanya adanya tuh di bulan Februari sampai Maret. Tapi kami kan dari pihak Fakultas ingin membuat mahasiswa benar benar bisa lolos idenya, makanya kami start mulai bulan ini supaya bisa dibimbing dengan baik. Jadi kita akan lebih berkualitas sehingga jumlah mahasiswa Psikologi yang gol (baca: lolos) sampai tingkat Nasional itu diharapkan lebih luas,” jelasnya.

Guna meningkatkan kualitas peserta, Tim PUKAT FPsi UNM yang beranggotakan para dosen-dosen berkompeten FPsi UNM mengadakan pembimbingan pada peserta PKM mulai dari teknik penyusunan proposal, pembimbingan mengenai sistematika penulisan, serta teknik presentasi yang baik.

“Jadi tidak hanya proposal dan ide, kami juga mendampingi sampai sistematika penulisan bahkan sampai teknik presentasi,” tutur Novi. 

Novi juga menjelaskan bahwa pembukaan pendaftaran akan dilaksanakan melalui dua gelombang dalam jangka waktu satu bulan untuk mengantisipasi kurangnya mahasiswa yang akan mendaftar pada PKM ini.

“Pendaftaran ditutup itu tanggal 15 november, jadi kami buka sebulan. Bulan ini sampai November. Kami mau melihat seberapa banyak pendaftar makanya kami membuka dua gelombang karena takutnya malah sedikit,” tambahnya.

Sebagai penutup, Ketua Tim PUKAT FPsi UNM menyampaikan harapannya kepada para mahasiswa untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan emas ini demi mengembangkan minat dan bakat mereka.

“Diharapkan itu banyak mahasiswa yang memanfaatkan momen ini untuk mengeluarkan ide ide kreatifnya dan merealisasikannya agar tidak hanya disimpan di kepala. Siapapun berhak. Mulai dari maba sampai ke tingkat akhir boleh mendaftar,” tutupnya. (010)

Posting Komentar