Ilustrasi Psikologika "Mengenal Learning Style VARK, Demi Pembelajaran yang Efektif".
Sumber: Pinterest

Belajar adalah kewajiban setiap manusia, terkhusus pelajar dan mahasiswa. Belajar seharian akan jadi kurang efektif jika gaya belajarnya salah, hasilnya akan jadi percuma. Apakah kamu sudah tau gaya belajarmu? Maka dari itu Sobat Psikogenesis, mari kita mengenal lebih jauh Learning Style VARK agar aktivitas belajarmu makin efektif dan tidak berakhir sia-sia!

Apa itu Learning Style VARK?

Learning Style VARK merupakan model pembelajaran atau gaya belajar yang dikembangkan oleh Neil Fleming berdasarkan gaya belajar VAK yang dirancang oleh Walter Burke Barbe. VARK merupakan akronim dari Visual, Aural/Auditory, Reading/writing dan Kinesthetic.

Dalam penelitian Fleming (1995) menunjukkan bahwa minat seseorang untuk mencari informasi tidak tentu sama dengan kecenderungan untuk menyampaikan informasi kepada orang lain.  

Namun, dalam penelitian yang dilakukan oleh Fleming dan Baume (2006) menunjukkan metode mengajar seorang pengajar akan mencerminkan kecenderungan gaya belajar mereka sendiri dibandingkan dengan gaya belajar seorang pelajar. 

Thomas dkk. (2002) di sisi lain, menunjukkan gaya belajar penting dalam meningkatkan pemahaman dan pencapaian setiap mata pelajaran. Maka dari itu perlu bagi kita tahu bagaimana metode belajar yang sesuai, baik bagi pelajar maupun pengajar.

Nah, Sobat Psikogenesis perlu tahu jikalau setiap orang memiliki gaya belajar yang berbeda beda. Berdasarkan teori VARK dari Fleming (1995) yang dirangkum oleh Othman dan Amiruddin (2010), berikut penjelasannya:

Visual

Seseorang yang cenderung akan gaya belajar visual, cenderung bisa menerima pembelajaran melalui menafsirkan bagan, gambar grafik, dan gambar. Jika kamu cenderung dengan gaya ini maka kamu lebih efektif jika diberikan demonstrasi dan dapat belajar melalui deskripsi. Biasanya seseorang dengan gaya pembelajaran ini cenderung tidak bisa menerima catatan lengkap selama presentasi karena terdistraksi dengan gambar.

Aural/Auditory

Seseorang yang cenderung akan gaya belajar aural biasanya cenderung memperoleh informasi dengan berdiskusi dan mendengarkan. Bagi kamu yang memiliki kecenderungan gaya belajar ini, biasanya akan lebih senang mendengarkan penjelasan pengajar daripada menulis sebuah catatan. Kamu dapat memperkuat ingatan mu dengan mendengarkan kembali rekaman kaset audio atau berdiskusi dengan guru.

Reading/Writing

Seseorang yang cenderung akan gaya belajar reading biasanya cenderung memiliki kemampuan untuk menerima dan menafsirkan informasi cetak. Jika kamu memiliki kecenderungan gaya belajar ini, maka kamu mungkin suka daftar, glosarium, buku teks, catatan, atau sirkulasi. Kamu mungkin suka menyusun catatan ke dalam bentuk sketsa, Parafrase catatan kelas, dan mempelajari pertanyaan ujian pilihan ganda.

Kinesthetic

Berbeda dengan gaya belajar yang lain, kinestetik adalah model pengukuran yang dianggap kombinasi dari berbagai fungsi indera. 

Seseorang yang cenderung akan gaya belajar kinesthetic biasanya cenderung menerima pembelajaran berdasarkan perilaku seperti sentuhan, perasaan, melihat, dan mendengarkan. Jika kamu memiliki kecenderungan gaya belajar ini, kamu bisa menerima informasi dengan pengalaman dan latihan. 

Kamu mungkin cenderung pasif di kelas yang memiliki metode belajar yang berbeda, namun kamu mungkin akan lebih aktif dan memiliki energi tinggi ketika menekankan pada pengalaman yang berinteraksi dengan lingkungan sekitarmu.

Nah Sobat Psikogenesis, setelah membaca penjelasan terkait gaya belajar VARK, apakah kamu sudah terbayang dengan gaya belajarmu? Apakah kamu suka dengan gambar, suara, tulisan, atau gerakan? (RBN)

Referensi:

Fleming, N. D. (1995). I'm different; not dumb. modes of presentation (vark) in the tertiary classroom, In Zelmer,A., (ed.) Research and Development in Higher Education. Proceedings of the 1995 Annual Conference of the Higher Education and Research Development Society of Australia (HERDSA), pp. 308-313. 

Fleming, N. D. (2006). V.A.R.K Visual, Aural/Auditory, Read/Write, Kinesthetic. New Zealand: Bonwell Green Mountain Falls. 

Fleming, N., & Baume, D. (2006). Learning styles again: varking up the right tree!. Educational Developments. SEDA Ltd, issue 7.4 Nov, 4-7.

Othman, N., & Amiruddin, M. H. (2010). Different perspectives of learning styles from VARK model. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 7, 652-660.

Thomas, L., Ratcliffe, M., Woodbury, J., & Jarman, E. (2002). Learning styles and performance in the introductory programming sequence. ACM, 33-36.

Posting Komentar