Pelatihan Modal Psikologi Untuk Meningkatkan Student Well-Being di MAN 2 Polman oleh Tim PKM UNM.
Sumber: Dok. Pribadi

Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan pelatihan dengan tema Modal Psikologi Untuk Meningkatkan Student Well-Being pada siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Polewali Mandar (Polman) Sulawesi Barat (Sulbar) pada Rabu (02/08) yang lalu.

Tim yang terdiri dari dua dosen Fakultas Psikologi (FPsi) UNM, yaitu M. Ahkam Alwi dan Ahmad Razak. Tema pelatihan ini didasarkan pada hasil temuan awal di lapangan bahwa banyak siswa yang memilki modal psikologi yang rendah. Di mana siswa-siswa tadi mengalami sejumlah gejala yaitu stres akademik, perasaan tidak mampu, dan kecemasan sosial.

Kegiatan ini melibatkan 30 siswa dari berbagai kelas yang terindikasi memilki modal psikologi yang rendah berdasarkan pre-test yang telah dilakukan sebelumnya. Dengan adanya pelatihan ini, Tim PKM berharap adanya peningkatan yang diperoleh oleh siswa, di antaranya adalah adanya peningkatan ketahanan mental atau mental resilience, peningkatan optimisme dan harapan positif, adanya kemandirian dan motivasi intrinsik, kemampuan untuk berempati dan membangun hubungan sosial, dan mampu mengatur emosi dan stres.

Tim PKM berharap, setelah pelaksanaan kegiatan ini, para siswa mampu membuat rencana kongkret tentang bagaimana mereka akan menerapkan konsep-konsep modal psikologi yang telah di pelajari dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, Tim juga berharap agar pihak sekolah dapat mendukung dan membimbing para siswa dalam menerapkan konsep-konsep baru yang telah mereka pelajari, sehingga pihak sekolah dapat membantu para siswa untuk mengatasi hambatan yang mungkin muncul.

Terakhir, Tim PKM juga berharap agar pihak sekolah dapat menyelenggarakan kegiatan berkelanjutan yang melibatkan siswa dalam praktik modal psikologi. Tim merekomendasikan pihak sekolah untuk melakukan diskusi rutin, seminar, atau lokakarya yang membahas mengenai bagaimana pengalaman siswa dalam menerapkan konsep-konsep tersebut. 

Posting Komentar