Kegiatan Pengukuhan dan Apresiasi Seni Angkatan 2022 di Gedung Balai Manunggal pada Jumat (07/07).
Sumber: Dok. Panitia

Psikogenesis, Sabtu (08/07)- Mahasiswa Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) angkatan 2022 sukses dikukuhkan dengan nama Psyverse dalam kegiatan Pengukuhan dan Apresiasi Seni Tahun 2023 yang mengusung tema "A Gleam History: Jalma Estungkara" di Gedung Balai Manunggal pada Jumat (07/07) malam.

Andi Adil, selaku Ketua Angkatan 2022 menjelaskan filosofi dari nama angkatan mereka, dimana nama Psyverse disusun atas kombinasi kata "psy" yang merujuk pada psikologi, dan "verse" yang mengacu pada dunia alternatif.

“Psyverse merupakan kombinasi dari "psy" yang merujuk pada psikologi dan "verse" yang mengacu pada dunia atau realita alternatif atau dimensi baru dalam psikologi,” jelas mahasiswa yang akrab disapa Adil ini.

Lebih lanjut Adil juga menjelaskan mengenai berbagai filosofi yang melatarbelakangi lahirnya nama angkatan Psyverse. Dimana nama tersebut memiliki filosofi yang menggambarkan semangat eksplorasi, kebebasan pikiran, dan pemahaman mendalam dalam bidang psikologi. Filosofi ini juga mencerminkan keinginan untuk membebaskan diri dari batasan tradisional dalam pemahaman psikologi, serta menggali ide-ide baru dan pendekatan kreatif dalam menerapkan prinsip-prinsip psikologi.

"Filosofi di balik nama Psyverse mencerminkan semangat eksplorasi konsep, teori, dan pemahaman dalam psikologi untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang manusia dan pikiran. Psyverse juga mewakili kebebasan pikiran dan ekspresi, dengan tujuan membebaskan diri dari batasan tradisional dan menerapkan pendekatan kreatif. Lebih dari itu, Psyverse menggambarkan perjalanan menuju pemahaman yang lebih dalam tentang psikologi manusia, menjelajahi kerumitan dan kompleksitasnya, termasuk kesadaran, identitas, dan makna hidup," ungkapnya.

Selain itu, Adil menambahkan bahwa nama angkatan Psyverse juga mengandung makna kolaborasi yang kuat. Nama angkatan ini melambangkan kerja tim, pertukaran ide, dan penggabungan berbagai perspektif dan keahlian dalam upaya untuk mengembangkan pengetahuan psikologi secara holistik. Tidak hanya itu, Psyverse juga mewakili semangat inovasi dan eksplorasi dalam psikologi. 

"Visi Psyverse adalah menciptakan lingkungan kolaboratif yang mendukung dalam bidang psikologi, dengan melibatkan kerja tim, pertukaran ide, dan penggabungan perspektif dan keahlian yang berbeda untuk mengembangkan pengetahuan psikologi secara holistik. Filosofi Psyverse juga menginspirasi semangat inovasi dan eksplorasi dalam psikologi, dengan menggali wilayah baru, ide-ide revolusioner, dan melebur batasan pemahaman dan aplikasi psikologi yang ada," tambahnya.

Adil mengungkapkan pandangannya terhadap angkatan 2022 sebagai angkatan yang memiliki bakat dan potensi yang luar biasa. Dirinya juga menyampaikan rasa terima kasihnya atas kelahiran Psyverse dan kepercayaan yang diberikan kepadanya.

“Angkatan tahun 2022 di mata saya adalah orang-orang yang memiliki bakat dan potensi yang luar biasa. Kita semua hadir di sini karena merasa kepedulian dan kasih sayang satu sama lain. Terimakasih untuk kepercayaan saudara-saudari saya, dengan bangga telah lahir pada hari jumat (07/07) psyverse tahun 2022 dalam lingkup keluarga besar, lingkup Kema FPsi UNM,” ucapnya. 

Sebagai penutup, Adil menyampaikan harapannya untuk angkatan 2022 agar dapat membangun hubungan yang kuat dan saling mendukung untuk menjadi keluarga yang kompak dan kukuh dengan menjunjung nilai-nilai kebersamaan dan Pendidikan agar mampu meninggalkan legasi positif.

“Harapan saya kedepannya semoga angkatan 2022 dapat saling membangun hubungan yang kuat dan saling mendukung satu sama lain. Mari jadikan angkatan ini sebagai keluarga yang kompak serta menjunjung tinggi nilai kebersamaan, nilai-nilai Pendidikan yang sudah ditanamkan dalam Pendidikan dasar, dan saling menghargai satu sama lain. Mari kita tinggalkan legasi positif dalam bentuk prestasi, pengabdian, dan sikap menginspirasi,” tutupnya. (ARB) 

Posting Komentar