Agenda Buka Bersama SMP Islam Ar-Raafi Makassar.
Sumber: Dok. Pribadi

Tim mahasiswa Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) berkolaborasi dengan SMP Islam Ar-Raafi Makassar untuk mengadakan kegiatan pembelajaran melalui buka bersama. Acara ini dihadiri oleh siswa-siswi, guru, serta Direktur Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Ar-Raafi Makassar pada Kamis (06/04) lalu.

Dalam upaya mempererat hubungan antara siswa-siswi SMP Islam Ar-Raafi dan mahasiswa Psikologi UNM, kegiatan buka bersama ini dilakukan dengan sejumlah kegiatan menarik. Salah satunya adalah masak bersama, dimana siswa-siswi dan mahasiswa Psikologi bekerja sama mempersiapkan hidangan berbuka puasa. Takjil juga dibagikan untuk memberikan pengalaman berbuka puasa yang lebih beragam kepada siswa-siswi.

Selain itu, anggota tim juga menyampaikan sesi psikoedukasi kepada seluruh siswa-siswi. Sesi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya menjaga keunikan diri dan mempertahankan pendapat sendiri dalam menghadapi tekanan sosial. Sesi psikoedukasi ini diikuti dengan antusias oleh siswa-siswi, dan juga melibatkan permainan yang terkait dengan materi yang telah disampaikan.

Zulfiah, Guru SMP Islam Ar-Raafi, mengungkapkan rasa terbantunya dengan adanya kegiatan psikoedukasi yang diselenggarakan oleh mahasiswa program BKP.

"Mahasiswa program BKP sangat membantu dalam kegiatan buka bersama ini. Mereka tidak hanya menyampaikan pengetahuan kepada anak-anak, tetapi juga membantu dalam kegiatan memasak," ungkapnya.

Salah satu perwakilan tim BKP SMP Islam Ar-Raafi Makassar, Iqbal, menyampaikan bahwa melalui kegiatan ini selain menjadi wadah untuk mendekatkan mahasiswa BKP dengan guru dan siswa, juga menjadi sarana untuk berbagi penegtahuan kepada siswa.

"Melalui kegiatan buka bersama ini, kami dapat menjadi lebih dekat dengan guru dan adik-adik. Selain itu, kami juga dapat berbagi ilmu dengan adik-adik kita," sampainya.

Kegiatan buka bersama diakhiri dengan melaksanakan salat Maghrib secara berjamaah di mushollah SMP Islam Ar-Raafi. Dalam suasana yang penuh keakraban dan kebersamaan, siswa-siswi, guru, dan mahasiswa program BKP melakukan ibadah tersebut sebagai ungkapan rasa syukur atas kegiatan yang telah dilakukan.

Kegiatan ini tidak hanya memberikan pengalaman berharga bagi siswa-siswi SMP Islam Ar-Raafi dalam mempelajari tentang konformitas dan menjaga keunikan diri, tetapi juga memperkuat hubungan antara mahasiswa psikologi UNM dan sekolah. Harapannya, kegiatan semacam ini dapat terus dilakukan untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung perkembangan positif siswa-siswi.

Posting Komentar