Momen Inagurasi MSIB Batch 4 PT. Media Kreasi Abadi.
Sumber: Dok. Pribadi

Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) merupakan program yang diusung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang berupaya mewadahi pengembangan kemampuan mahasiswa di lingkup dunia kerja. 

Salah satu mahasiswa Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) angkatan 2020, Vivi Sabela mendapat kesempatan untuk mengikuti program tersebut sebagai Job Analyst di PT. Media Kreasi Abadi Kota Balikpapan yang dimulai pada Kamis (16/02) dan berakhir pada Jumat (30/06) dan berhasil meraih penghargaan sebagai peserta terbaik.

Mahasiswa yang akrab disapa Vivi tersebut mengungkapkan bahwa dalam menjalani proses magang, ia didampingi oleh Andi Halimah selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

"Untuk magang sendiri saya di dampingi Ibu Andi Halimah, beliau juga hadir dalam Ujian Tengah Semester bersama dosen dari berbagai universitas via Zoom memberikan penilaian dan semangat kepada saya," ungkapnya.

Vivi menjelaskan bahwa dalam proses magang, ia juga menyusun Object Key Result (OKR) yang bertujuan untuk menilai kinerja peserta magang secara tim. Penyusunan dilakukan dalam beberapa proses, seperti interview, Focus Group Discussion (FGD), kemudian evaluasi oleh mentor. Setelah itu, dilanjutkan dengan penyusunan Key Performance Indicator (KPI) sebagai penilaian kinerja individu.

"Setelah menyusun OKR kemudian saya lanjut menyusun KPI untuk penilaian kinerja individu, saya sendiri bertanggung jawab untuk divisi Animasi Developer," jelasnya.  

Lanjut, ia menjelaskan setelah dilakukan penyusunan kemudian OKR dan KPI menjadi standar penilaian untuk divisi animasi. 

"Setelah di-acc (baca: disetujui) oleh mentor, kemudian dilakukan penilaian kinerja, kemudian hasil tabulasi nilai kinerja di jadikan evaluasi bersama tim dan mentor divisi animasi," ungkapnya.

Terakhir, Vivi menjelaskan kegiatan terakhir yang dilakukan sebagai Job Analyst di PT. Media Kreasi Abadi yaitu pitching dan inagurasi. 

"Sebagai evaluasi akhir, saya mengikuti pitching yaitu presentasi dan evaluasi yang di nilai oleh seluruh mentor dari berbagai divisi dan alhamdulillah saat inagurasi saya mendapatkan kesempatan menjadi peserta terbaik untuk divisi Job Analyst," pungkasnya. 

Posting Komentar