Pelatihan Coaching dan Mentoring oleh Mahasiswa BKP FPsi UNM di BPSDM Sulsel.
Sumber: Dok. Pribadi

Mahasiswa BKP (Bentuk Kegiatan Pembelajaran) Magang Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) bersama Bidang Pengembangan Kompetensi Teknis Inti Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) melaksanakan kegiatan Pelatihan Coaching dan Mentoring bekerja sama dengan Pusat Pengembangan Kompetensi Teknis dan Sosial Kultural Aparatur Sipil Negara (Pusbangkom TSK ASN) Lembaga Administrasi Negara (LAN) Republik Indonesia (RI) pada (28-31/03) di Aula Kampus II BPSDM Provinsi Sulawesi Selatan.

Tujuan pelaksanaan kegiatan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup BPSDM Provinsi Sulsel dalam melakukan teknis Coaching dan Mentoring serta memenuhi syarat penjaminan mutu lembaga pelatihan dalam hal sumber daya manusia yang tersertifikasi oleh instansi pembina. Selain itu mahasiswa sebagai panitia pelaksana dibawah bimbingan BPSDM Provinsi Sulsel diharapkan mampu membangun relasi serta kerja sama yang baik.

Pelaksanaan kegiatan diikuti oleh widyaiswara sebanyak 32 orang, analisis pengembangan kompetensi sebanyak 3 orang dan administrator 1 orang. Tenaga pengajar pada pelaksanaan kegiatan ini berasal dari Pusbangkop TSK ASN yaitu Ferry Firdaus serta dibuka secara langsung oleh Kepala BPSDM Provinsi Sulsel, Muhammad Jufri.

Selama empat hari pelaksanaan kegiatan, terdapat 9 materi inti yang diberikan yaitu membangun persepsi pelatihan coaching dan mentoring yaitu overview program, kebijakan penyelenggaraan pelatihan coaching dan mentoring, building learning commitment, konsep dan teknik dasar coaching dan mentoring, tahapan dan instrument coaching dan mentoring, coaching dan mentoring skill, coaching dan mentoring di tempat kerja, live coaching dan mentoring, review, penyelenggaraan dan tindak lanjut program pelatihan.

Alhamdulillah kolaborasi efektif antara peserta, pengajar, dan panitia. Buat pelatihan lagi, pasti mantap," ujar Syamrina Maulana.

Hasil evaluasi kegiatan menunjukkan rata-rata kepuasan peserta terhadap penyelenggaraan dan tenaga pengajar. Mahasiswa sebagai panitia juga mendapatkan manfaat yang sama yaitu kemampuan dalam mengelolah kegiatan sebagai panitia semakin meningkat serta relasi yang semakin luas.

Posting Komentar