Pelaksanaan Pendampingan Layanan Administrasi Kependudukan Disdukcapil Kota Surabaya.
Sumber: Dok. Pribadi

Program MSIB (Magang dan Studi Mandiri Bersertifikat) merupakan bagian dari program Kampus Merdeka dan bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui kegiatan di luar perkuliahan untuk mendapatkan pengalaman dunia profesional atau industri praktis selama satu semester. 

Melalui program ini, mahasiswa memiliki kesempatan untuk belajar dan melatih keterampilan yang akan mempersiapkan mereka untuk memasuki dunia kerja dengan lebih stabil. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Surabaya merupakan salah satu mitra yang tergabung dalam Program Magang Bersertifikat.

Pengelolaan kependudukan merupakan dasar dari semua pelayanan yang diberikan kepada masyarakat dan merupakan rangkaian kegiatan untuk mengatur dan menerbitkan data kependudukan sejak lahir sampai meninggal. Mahasiswa magang akan ditempatkan di 153 kelurahan di Surabaya sebagai pendamping layanan administrasi kependudukan. Program yang berlangsung sekitar empat bulan ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang bertujuan untuk membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dan memberikan pelayanan penanganan kependudukan secara langsung sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.

Dalam rangka menyadarkan masyarakat akan pentingnya administrasi kependudukan, Disdukcapil Kota Surabaya melakukan inovasi melalui program Kawasan Lingkungan Masyarakat Sadar Administrasi Kependudukan (KALIMASADA) dalam mengembangkan aplikasi pelayanan yaitu Klampid New Generation (KNG) dan Identitas Kependudukan Digital (IKD). Kegiatan mahasiswa sebagai pendamping layanan administrasi kependudukan membantu masyarakat yang ingin mengajukan permohonan adminduk dengan aplikasi KNG, dan melakukan aktivasi IKD bagi masyarakat yang ingin pengajuan cetak ulang Kartu Tanda Penduduk (KTP) namun terkendala dengan persediaan blanko KTP. 

Sejalan dengan aktivas magang, mahasiswa juga terjun langsung ke Balai Rukun Warga (RW) untuk mengikuti pelayanan Sayang Warga atau pelayanan publik yang dilaksanakan di Balai RW Kelurahan Manukan Kulon Surabaya. Pelayanan Sayang Warga ini rutin digelar setiap hari Selasa pukul 18.00 - 20.00 WIB. Pelayanan ini dirancang untuk memudahkan masyarakat mengakses layanan yang lebih dekat dan sangat membantu untuk masyarakat yang tidak bisa datang ke kelurahan pada jam kerja, sehingga program ini menjadi program yang diterima dengan baik oleh masyarakat sekitar Kelurahan Manukan Kulon.

Posting Komentar