Pelatihan Harmoni oleh Tim PKM FPsi UNM di UPT PPSBR Makkareso Maros.
Sumber: Dok. Pribadi 

Tim Pengabdian Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) telah sukses menyelenggarakan pelatihan harmoni untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis remaja yang berlangsung di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Panti Pemberdayaan Sosial Bina Remaja (PPSBR) Makkareso, Maros pada (07/07) lalu.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran remaja tentang kemampuan dan menerima diri sendiri. Pelatihan ini diikuti oleh 47 remaja binaan UPT PPSBR Makkareso. Program pengabdian ini dilakukan oleh dosen FPsi UNM, yaitu Novita Maulidya Jalal dan Nur Akmal, serta melibatkan dua mahasiswa yaitu Muh. Aidil Fitra dan Muhammad Ilham. 

Pelatihan ini disambut dengan antusias oleh kepala UPT PPSBR Makkareso Sukur dan Nur Rahmi selaku pembina di UPT PPBSR Makkareso. Program PKM ini juga mendapatkan dukungan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) FPsi UNM dan LP2M UNM.

Pelatihan ini dilakukan melalui penayangan video kepada para remaja, diikuti dengan sesi diskusi di mana para remaja diberi kesempatan untuk mengemukakan apa yang mereka pelajari dari video tersebut. Selanjutnya, juga ada materi yang disampaikan oleh salah satu anggota tim PKM, Novita Maulidya Jalal . Setelah itu, para peserta diberi kesempatan untuk menuliskan permasalahan mereka saat ini, kondisi mereka saat ini, harapan, dan upaya yang akan mereka lakukan untuk meningkatkan kehidupan mereka. 

Para remaja juga diberikan kesempatan untuk berdiskusi dan aktif mengikuti permainan yang disediakan oleh narasumber. Pada akhir sesi, para peserta dan pihak pelaksana mengambil foto bersama. Selama proses pengabdian, para remaja juga diberikan lembar evaluasi dan dilakukan pengukuran tingkat kesejahteraan psikologis mereka di UPT PPSBR Makkareso.

Selama pelatihan berlangsung, seluruh peserta menunjukkan antusiasme dalam menerima materi dan berpartisipasi dalam diskusi. Harapannya, peserta remaja di UPT PPSBR Makkareso dapat menjadi lebih optimis dan positif dalam menjalani kehidupan mereka selama di UPT PPSBR Makkareso, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan psikologis mereka.

Dengan pelaksanaan program pengabdian ini, diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi remaja di UPT PPSBR Makkareso, membantu mereka dalam menghadapi tantangan kehidupan, serta mendorong peningkatan kesejahteraan psikologis mereka.

Posting Komentar