Kegiatan Psikoedukasi yang Dilaksanakan di UPTD PPA Kota Makassar.
Sumber: Dok. Pribadi

Tim Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) Proyek Kemanusiaan mahasiswa Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) melaksanakan program kerja Psikoedukasi di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Kota Makassar pada Jumat (19/05) lalu. 

Mengusung tema "How to Deal with Your Emotion?" kegiatan ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Kepala UPTD PPA Kota Makassar, Muslimin. Peserta dari kegiatan ini adalah pekerja sosial yang bekerja di UPTD PPA Kota Makassar.

Nurul, salah satu anggota tim BKP mengaku bahwa kegiatan ini dilaksanakan dari hasil diskusi bersama, bahwa pekerja sosial membutuhkan strategi untuk mengatasi emosi mereka yang tidak stabil setelah menangani berbagai kasus.

"Jadi kegiatannya dilaksanakan dari hasil diskusi sama tim pekerja sosial yang ada di kantor ini (baca: UPTD PPA Kota Makassar). Mereka butuh bimbingan atau konseling karena terlalu stres hadapi kasus," akunya. 

Selanjutnya, Psikoedukasi yang turut melibatkan Ismalandari Ismail selaku fasilitator ini mendapatkan respon yang baik. Febri, salah satu peserta kegiatan edukasi mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi pekerja sosial yang setiap hari harus menghadapi kasus yang berbeda-beda tiap harinya. 

"Bagus sekali ini kegiatan. Ini yang dibutuhkan teman-teman di sini, karena banyak sekali kasus yang ditangani tiap hari, jadi kami juga kena emosi negatif dari kasusnya. Biasanya itu karyawan kantor hanya bernyanyi-nyanyi di belakang, karena tidak tau cara salurkan emosi negatifnya," ungkap Febri.

Sebagai penutup, Muslimin selaku Kepala UPTD PPA Kota Makassar mengapresisasi pelaksanaan kegiatan ini karena sangat relevan dengan kebutuhan pekerja sosial yang tiap hari menangani kasus. 

"Kita tahu bahwa kasus di kantor ini tidak sedikit, teman-teman pekerja sosial yang selalu menjadi garda terdepan untuk penanganan kasusnya. Jadi saya apresisasi pelaksanaan kegiatan ini apalagi tergetnya adalah teman-teman pekerja sosial," tutupnya.

Posting Komentar