Mahasiswi FPsi UNM Peraih Gelar Duta Inspirasi Putri Sulawesi Selatan.
Sumber: Dok. Pribadi

Psikogenesis, Senin (13/11) – Mahasiswi Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) terpilih menjadi Duta Putri Terpilih Sulawesi Selatan Yayasan Duta Inspirasi Indonesia Tingkat Nasional 2023.

Nurul Magfira Azz atau yang lebih akrab disapa Fira mengungkapkan rasa syukurnya setelah terpilih menjadi Duta Inspirasi Putri Sulawesi Selatan 2023.

“Bersyukur atas prestasi hari ini dan tidak pernah merasa bangga atas apa yang telah diraih karena saya yakin bahwa prestasi yang saya raih hari ini hanyalah perhentian sementara untuk mengukir prestasi berikutnya,” ungkapnya.

Fira menuturkan bahwa pemilihan Duta Inspirasi 2023 ini diselenggarakan oleh Yayasan Duta Inspirasi Indonesia yang didukung langsung oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia (RI).

“Kegiatan ini diselenggarakan oleh Yayasan Duta Inspirasi Indonesia yang di-support (baca: didukung) langsung oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia,” tuturnya.

Fira menjelaskan bahwa Duta Inspirasi Indonesia merupakan platform yang mewadahi dan memberdayakan pemuda pemudi yang ada di Indonesia untuk menghadirkan berbagai kegiatan positif tingkat Nasional dan Internasional.

“Duta Inspirasi Indonesia merupakan salah satu wadah ataupun platform pemberdayaan pemuda pemudi di 38 provinsi yang ada di Indonesia, yang di mana tiap provinsinya itu ada satu orang putra dan satu putri yang menjadi perwakilan. Duta Inspirasi Indonesia ini menghadirkan berbagai kegiatan positif tingkat Nasional dan Internasional yang dinaungi langsung oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia bersama yayasan Duta Inspirasi Indonesia,” jelasnya.

Fira mengatakan pelaksanaan kegiatan dimulai pada (01/06) di mana rangkaian kegiatan tersebut terdiri dari seleksi berkas, wawancara, Leaderless Group Discussion (LGD) dan terakhir hanya dua orang yang terpilih di setiap provinsi.

“Kegiatan ini berlangsung di tanggal 01 Juni 2023, mekanisme pemilihan Duta Inspirasi Indonesia itu sendiri, pertama kita seleksi berkas terlebih dahulu, kemudian setelah seleksi berkas beberapa orang digugurkan, kemudian lanjut ke tahap wawancara dan LGD, setelah itu pengumuman akhir yang di mana setiap provinsi itu hanya ada dua orang yang terpilih yaitu satu orang putra dan satu orang putri,” katanya.

Fira menjelaskan keuntungan yang ia dapat setelah terpilih menjadi Duta Inspirasi Sulawesi Selatan bukan hanya gelar kehormatan yang ia dapatkan tetapi juga mendapatkan relasi tingkat nasional, intensive coaching dengan profesional expertises and fun task, dan sertifikat tingkat nasional yang ditandatangani Kemenpora RI.

"Selain gelar kehormatan sebagai Duta Inspirasi, relasi tingkat nasional, intensive coaching with profesional expertises and fun task dua kali dalam seminggu, sertifikat tingkat nasional yang bertanda tangan Kemenpora RI, Duta Inspirasi teraktif dan kontributif akan diberangkatkan ke Jakarta untuk Rapat Koordinasi Nasional di Kemenpora RI yang dilaksanakan hanya sekali dalam satu tahun,” jelasnya.

Sebagai penutup, Fira menyampaikan harapannya agar bisa mengayomi dan merangkul pemuda pemudi yang ada di provinsi untuk mendukung program pemerintah yang ingin lebih berdampak untuk Indonesia emas di tahun 2045.

“Menjadi duta tidak hanya gelarnya saja, tetapi bagaimana dia berdampak bagi orang sekitarnya. Sebagai Duta Inspirasi delegasi Provinsi Sulawesi Selatan, harapan saya ke depannya dengan adanya platform ataupun wadah ini, saya bisa mengayomi dan merangkul pemuda pemudi yang ada di provinsi saya terlebih dahulu agar bisa lebih berdampak untuk indonesia emas di tahun 2045,” tutupnya. (018)

Posting Komentar