Pelatihan Self-Awareness di SMK-SMTI Makassar oleh Tim PKM UNM.
Sumber: Dok. Pribadi

Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan pelatihan dengan tema "Pelatihan Self-Awareness untuk Meningkatkan Kematangan Pengambilan Keputusan Karir Pada Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Sekolah Menengah Teknologi Industri (SMTI) Makassar" pada Senin (04/06) yang lalu.

Tim yang terdiri dari 3 dosen Fakultas Psikologi (FPsi) UNM dan dibantu oleh 2 orang alumni, yaitu Hilwa Anwar, St. Hadjar Nurul Istiqamah, Abd. Rahmat, Shafwan Zhalifunnas, dan Zhafirah Anisa Putri. Kegiatan ini melibatkan sebanyak 65 siswa sebagai peserta. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu siswa dalam mengenali potensi diri mereka dan memudahkan pengambilan keputusan terkait perencanaan karir di masa depan.

Acara dibuka oleh pihak sekolah SMK-SMTI Makassar dan Ketua Tim PKM Hilwa Anwar. Pelatihan terdiri dari empat sesi, yakni sesi pembukaan, pemaparan materi, sesi tanya jawab, dan sesi penutupan. Hilwa Anwar, selaku Ketua Tim menjadi pemateri terkait self-awareness, yang kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan self-assessment dengan materi Johari Window yang dibawakan oleh St. Hadjar Nurul Istiqamah. Selama kegiatan, peserta juga mendapatkan sesi ice breaking yang diberikan oleh Tim PKM.

Sebelum dan setelah kegiatan pelatihan, peserta diminta untuk mengisi form pre-test guna menilai pemahaman mereka sebelum dan setelah kegiatan dilakukan. Para peserta dan guru mengungkapkan kepuasan mereka terhadap hasil kegiatan ini, merasakan manfaat yang signifikan, dan menyatakan bahwa siswa lebih memahami potensi diri mereka untuk menentukan karir di masa depan. Kegiatan ini merupakan langkah positif dalam mendukung perkembangan karir siswa SMK-SMTI Makassar.

Posting Komentar