Mahasiswa FPsi UNM yang Meraih Juara III pada Perlombaan Karya Tulis Ilmiah.
Sumber: Dok. Pribadi 

Psikogenesis, Sabtu (11/11) - Mahasiswi Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) meraih juara ketiga Lomba Karya Tulis Ilmiah yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin (HIMATESIN) Universitas Malikussaleh (UNIMAL) dengan nama kegiatan Mechanical Engineering Fair, pada Kamis (02/11) lalu.

Andi Megawati Mappiati Mardhatillah atau akrab disapa Mega, mengungkapkan bahwa Ia mengikuti lomba tersebut untuk mewakili UNM dan ditemani dengan kedua temannya yang berasal dari universitas yang berbeda.

“Saya mewakili UNM meskipun tidak ditunjuk langsung dari kampus. Selain saya, ada juga teman saya dari Sastra Arab Universitas Hasanuddin dan satu lagi dari Psikologi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo," ungkapnya.

Mega juga mengungkapkan bahwa Ia dan tim berhasil meraih juara ketiga dan mendapatkan beberapa penghargaan.

"Alhamdulillah saya dan tim mendapatkan juara tiga, hadiahnya itu berupa piala, sertifikat, dan uang pembinaan," ungkapnya.

Menurut Mega, dengan mengikuti lomba karya tulis ilmiah ini, Ia ingin mendalami hasil penelitiannya pada saat mengambil Mata Kuliah Kuantitatif dan membuktikan bahwa Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) tidak menjadi penghambat untuk meraih prestasi.

“Saya tertarik untuk mengikuti LKTIN (baca: Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional) untuk mendalami hasil penelitian saya saat Mata Kuliah Kuantitatif mengenai Burnout Academic. Selain itu saya ingin membuktikan bahwa program MBKM (baca: Merdeka Belajar Kampus Merdeka) khususnya PMM (baca: Program Mahasiswa Merdeka) tidak menghambat kita untuk meraih prestasi,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Mega mengaku merasa bersemangat, karena untuk pertama kalinya Ia mengikuti lomba kategori tim yang berasal dari universitas yang berbeda dengannya.

“Perasaan saya excited, karena ini pertama kali bagi saya untuk ikut lomba dengan tim yang berasal dari universitas yang berbeda. Kami saat itu tidak menyangka akan juara, dikarenakan penyelenggara lomba berasal dari Teknik Mesin, karya tulis peserta lain pun rata-rata bertemakan mesin, sehingga kami yang dari jurusan Psikologi dan Sastra tidak menyangka akan mendapatkan predikat juara,” lanjutnya.

Sebagai penutup, Mega menuturkan harapannya yaitu agar pembaca dapat melatih dirinya untuk lebih kolaboratif, komunikatif, dan suportif. Sedangkan untuk dirinya, Mega berharap agar ia mampu mengembangkan hasil penelitiannya sehingga dapat bermanfaat untuk khalayak.

“Saya berharap pembaca dapat memahami hal serupa. Bahwa kompetisi tidak hanya sekadar menang dan kalah, tapi dalam kompetisi terdapat dinamika di mana kita dapat melatih diri kita agar lebih kolaboratif, komunikatif, dan suportif. Harapan saya dapat mengembangkan hasil penelitian hingga ke tahap akhir dan dapat digunakan oleh khalayak, sehingga ide dalam karya ini tidak hanya sekadar ide belaka, namun menjadi realita yang dapat membantu keresahan masyarakat,” tutupnya. (027)

Posting Komentar